Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Maaf, Civic Ini Cuma Buat Kontes

Jumat, 29 Agustus 2014 | 17:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Enaknya punya dana yang cukup dan fasilitas sendiri seperti Gus Adi, pemilik rumah modifikasi DHM (Draco House of Modified), bakal enggak tanggung-tanggung ketika membangun kendaraan untuk kontes.

“Setidaknya proyek Civic FD1 ini saya bangun total semua sektor. Walaupun masih ada yang kurang maksimal,” terang pemuda asli Bali.

No caption
No credit
No caption

Panel eksotis dan mahal banyak menghias bagian interior

Proyek bermula dari power plant. “Tadinya mau engine swap ke K20A bekas Integra Type R, namun terpaksa dibatalkan karena setelah berhitung bisa habis Rp 120 juta belum termasuk racing parts,” ujar modifikator yang bermarkas di Mahendradata, Denpasar. Terpaksa ambil opsi kedua yaitu menggunakan force induction.

No caption
No credit
No caption

 
Jok Mugen original dibungkus ulang dengan bahan MBtech

Pemilihan produk ‘rumah keong’ juga tidak boleh sembarangan. Paling penting menurutnya, durability harus bagus dan tenaga tidak lagging terlalu parah. “Pertama-tama saya beli turbo kit Zage, kemudian turbo ditukar dengan buatan Garrett yang sudah teruji memiliki daya tahan yang baik,” ujar pengguna Suzuki Karimun untuk daily use ini.

No caption
No credit
No caption

Berkat turbo, tenaga 210 DK mudah didapat dengan boost 0,5 bar

Tentu perlu beberapa ubahan karena kit tidak diperuntukan untuk turbo di luar merek Zage. Cukup ubah piping sedikit dan down pipe. Kesulitannya terletak pada perubahan piping, dikarenakan material bawaan turbo kit menggunakan alumunium. Mengelas bahan tersebut cukup mahal dan sulit.

No caption
No credit
No caption

 
Pintu vertikal masih dipercaya untuk mendongkrak tampilan

Sektor berikutnya tentu dress up bagian kabin. Agar sesuai dengan konsep, dibutuhkan sepasang jok model bucket dan seat belt 4 titik. Kendaraan gaya balap tentu tidak bisa jauh-jauh dengan material serat karbon. Crew DHM hanya melapisi panel-panel bawaan kendaraan.


 
Audio beraliran SQL sangat tepat untuk memancing pengunjung kontes

“Proses pembuatan cukup sulit karena bidang yang dilapis cukup kecil dan banyak tekukan. Salah sedikit, garis anyaman akan berantakan. Belum lagi bisa bergelombang coating-nya,” ucap modifikator yang sedang membangun Mini Cooper ini.

Ayo bro nabung lagi supaya impian pakai mesin K20A Type R terwujud. (mobil.otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa