Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Estilo Melejit dengan Kerangka Pipa

Kamis, 7 Agustus 2014 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Namanya untuk lomba, mau tak mau tampilan bodi harus dirombak. Utamanya, mobil seringan mungkin dan mengurangi hambatan angin sebagai andil dalam ajang drag race. Kedua unsur ini pun sudah diterapkan Yose Adrian pada Honda Estilo 1995 yang jadi pilihan untuk tampil di arena kebut lurus ini.

Dipilihnya Honda Estilo, "Sejak dulu memang cinta banget sama konsep all motor. Adrenalinnya berbeda, baik saat ngebangun, juga saat balap," urainya. All motor di sini, mobil-mobil yang memiliki mesin kencang, namun tanpa perangkat forced induction seperti supercharger, turbocharger, nitrous atau gabungan semuanya. Biasa dikenal juga dengan sebutan NA (Normally Aspirated).


No caption
No credit
No caption

Bersama bengkel Wisesa di bilangan H. Nawi, Jaksel, hatchback yang tenar di era 1990-an tersebut dibangun ulang. Hal paling berbeda, terdapat pada sasisnya. Milik Yose sudah mengandalkan tubing, seperti yang banyak dipakai pada balap jip.

Penggunaan sasis model ini membuat kondisi berubah. "Yang jelas kita kejar entengnya. Ada banyak komponen yang tidak dibutuhkan kita buang," sebut pengusaha transportasi ini.

No caption
No credit
No caption

Lantai-lantai yang tadinya memiliki kontur, kini hanya rata saja. Demikian juga tulang-tulang standarnya, berganti pakai pipa. Kabin jadi terlihat lebih rapi dan bersih. Berbagai komponen yang akan dipasang juga bisa ditata ulang. Hasil lainnya, dapat distribusi bobot lebih ideal.

Bersamaan dengan membangun sasis, mesin juga dikerjakan. Blok bawah dipilih keluaran B20 tipe S90, sementara bagian atasnya cukup B16 saja. Tipe S90 lebih dipilih karena memiliki blok yang lebih tinggi dibanding standar. "Kondisi dalamnya jelas tidak standar. Sudah stroker jadi 2.275 cc," jelas Idham, mekanik dari bengkel Wisesa.

No caption
No credit
No caption

Rapi, kencang, dan bersih jadi enak dilihat

Supaya udara yang masuk ke ruang bakar bisa dalam jumlah banyak, throttle body diganti dengan yang lebih besar. Berukuran 76 mm dari Blox. Sebelum ke ruang bakar, masuk dulu ke intake plenum yang dimensinya juga jauh lebih besar. Dipilih Edelbrock VictorX untuk menampungnya. "Bukan karena mereknya, tapi lebih kepada volumenya yang sesuai dengan mesin saya," jujur Yose.

Dalam drag race, kecepatan perpindahan transmisi menjadi salah kuncinya. Namun demikian, harus pula memiliki material yang kuat supaya tak lekas jebol. Sebab itu, Yose dan Idham order khusus serta dibuat close ratio.


Spoiler dari pelat bikinan CCC Racing untuk meningkatkan daya tekan di bagian belakang


Memang sedikit agak aneh melihat Honda Estilo ini. Mobil asal Jepang, namun komponen justru lebih banyak dari negeri Paman Sam. "Untuk drag race, di Amerika lebih terkenal dan banyak part kompetisinya dibanding Jepang. Jadi untuk eksperimen juga lebih mudah," sebutnya. (Mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa