Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gigihnya Wanita Ini Membangun Honda Estilo

Kamis, 24 Juli 2014 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 


Jakarta - Generasi Civic hatchback terakhir di Indonesia ini selalu dicari para pecinta Honda. Tak terkecuali wanita yang satu ini. “Gue memang suka Honda Estilo dari dulu, cuma susah cari yang bagus,” ujar RA Fifi, sang pemilik.

No caption
No credit
No caption

 
Mesin ZC VTEC 1.600 cc, sementara baru mencatat angka15,8 detik untuk 402 m

Padahal, tujuan awal Fifi adalah ingin membangun untuk balap drag race. “Tetap saja gue maunya yang masih bagus, supaya enggak terlalu lama bangunnya,” tukasnya. 

Beruntung, info dari seorang teman yang tinggal di Bandung mengabarkan bahwa ada Estilo keluaran 1995 mau dijual. “Malam itu juga langsung ke Bandung buat lihat,” ujarnya bersemangat.

No caption
No credit
No caption

Roll-bar 4 titik untuk safety maksimal

Akhirnya, transaksi pun dilakukan karena Fifi sudah cocok. “Malam itu juga mobil gue setir sendiri ke Jakarta, hahaha,” gelak wanita yang berbisnis bengkel ini. Tak pakai lama, mobil pun langsung dikerjakan.

No caption
No credit
No caption

Kaca sudah berganti akrilik, tak lupa dibuat lubang hawa

Setelah beberapa kali memodifikasi mesin, di satu event drag race di Sentul, mesin bawaannya jebol. Pemukim kawasan Lebak Bulus ini pun kesal bukan kepalang. Akhirnya mobil hanya ‘nongkrong’ selama beberapa bulan. Sempat mengumpulkan beberapa parts mesin. Akhirnya diputuskan untuk membeli 1 unit Estilo lagi.

No caption
No credit
No caption

Pelek Mercy E200K kalau lagi enggak balapan

Lagi-lagi Fifi beruntung, ia menemukan 1 unit Estilo yang teronggok di sebuah bengkel balap di Jakarta. “Eks mobil rally, bodi sih enggak karu-karuan kondisinya. Tapi mesin oke dan ada roll-barnya,” ujar Fifi. Akhirnya mesin VTEC berkode ZC ini segera pindah berikut dengan roll-bar.


Kaca samping belakang ditutup, jadi seperti blind van ya

Meski begitu, mesin D16 VTEC berkapasitas 1.600 cc ini mesti dibedah dulu agar performanya kembali maksimal. “Piston ganti pakai Daihatsu Zebra yang kuat di RPM tinggi, blok mesinnya di-blue print, per klep pakai punya Lancer, cam-nya tetap standar, ECU P28 di-remapping lagi plus Unichip Dastek Q+, filter udara Simota dengan Silicone Samco dan header free flow custom, terus koplingnya gue pakai ACT Xtrem clutch,” jelas wanita berkaca mata ini.

Dengan mesin racikan Cito Motorsport dan D’Engineering ini, pada seri 1 drag race Sentul beberapa bulan silam, Fifi meraih waktu 15,8 detik untuk 402 m. "Masih adaptasi, mudah-mudahan di seri berikutnya bisa dapat 15 detik kecil, "harapnya.

Semoga bisa lebih cepat lagi di seri berikutnya ya Fi! (mobil.otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa