Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Juragan Pelek Menggoda Konsumennya

Senin, 12 Mei 2014 | 15:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sekali waktu Anda mampir ke Sumber Ban Motorsport di Jakarta, pasti dibuat betah lantaran ada Honda CR-V 2008 yang sudah dimodifikasi. Warnanya ngejreng lagi, ceper dan keempat roda sudah dipasangi pelek lebar. 

Keberadaan SUV Honda di gerai ban itu memang disengaja oleh Franki Christian, pemilik gerai. "Supaya customer makin betah mampir ke toko dan percaya akan hasil kerja dan pilihan pelek. Dengan begitu, customer dan publik bisa lihat selera gue bagus atau tidak," ujar Franki

No caption
No credit
No caption


Berawal di Kaki-Kaki
Demi membangun kendaraan display toko yang super wah, Christian rela menghabiskan waktu hinggal 5 bulan untuk merampungkan proyeknya. Tentu tidak dilakukan sendiri olehnya, melainkan mengajak bengkel-bengkel rekanan untuk membantu.

Tahap awal tentu fitment kaki-kaki. "Saya pilih diameter 24 inci karena ruang fender SUV Honda ini cukup besar," terang Christian, panggilan akrabnya. Agar lebih manis, dibutuhkan camber kit. Jurusnya tentu membuat secara custom karena agak sulit di pasaran.

Tidak mau repot dengan menggunakan lowering kit, hanya 2 pilihannya yaitu coilover atau air suspension. Untuk sementara dipasangkan coilover buatan BC, karena air suspension masih dalam perjalanan dari Amerika.

No caption
No credit
No caption

Desain bodi kit Azzect membuat anggota komunitas Connection ini jatuh hati. Beruntung Inspire Motorsport memiliki stok untuk CR-V generasi ketiga. Kelar pemasangan baju baru, kendaraan dibawa ke Tomi Airbrush untuk pengecatan.

"Gue cuma bilang sama Tomi supaya dibuatkan tidak norak. Lalu dibuatkan beberapa sketsa dan ini menurut gue yang terbaik," ujar ayah 1 anak ini. Sangat eye catching perpaduan warna xiralic orange dan candy red orange serta super deep black, yang merupakan warna populer dari Spies Hecker.

Aliran VIP
Konsep interior lebih condong ke VIP. Tentu saja dibuat mengejar kenyamanan dengan nuansa blink blink di ruang kabin. Pilihan kulit asli jatuh ke Autoleder. Warna beige bawaan standar sebagian masih dipertahankan, namun beberapa panel dibuat ulang dan dilabur warna candy orange agar matching dengan bodi luar.

No caption
No credit
No caption

Oprekan mesin masih dalam kategori stage 2 normally aspirated. "Hanya dilakukan perbaikan di sektor pemasukan udara, lalu porting polished agar tidak terlalu berat larinya," jelas pria yang bermarkas di bilangan Imam Bonjol, Tangerang. Supaya air fuel ratio yang diinginkan dapat tercapai, dibutuhkan piggyback untuk mengatur debit bahan bakar dan mengatur waktu pengapian. Tentu saja pilihan jatuh pada Dastek Unichip Q+ dengan harga friendly dan populer di Indonesia.

Proyek masih berlanjut, namun sayang belum semua parts sampai. Suspensi udara dan motorized yang dikirim melalui Alterpro Bogor, Jabar belum sampai. "Supaya lebih ekstrem lagi saat kontes dan customer jadi senang belanja di toko saya," ujar penghuni Modernland, Tangerang.


Modifikasi tidak selalu harus bagian eksterior, interior, mesin dan audio serta kaki-kaki. Hampir di semua ajang kontes modifikasi, juga ada kelas pelat nomor kendaraan. Dipilih yang mudah terbaca dan memiliki arti. "Kalau gue kan juragan pelek sekalian saja bikin pelat B 805 VLG, jadi dibaca Bos Velg (pelek)," kekeh Christian disela-sela pemotretan. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa