Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

New Honda Jazz RS 2008, Bangkit Akibat Terendam Banjir

Selasa, 15 April 2014 | 15:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Setiap orang punya cerita menarik seputar behind the scene pembuatan mobil kontes. Dari yang termakan kobaran api ‘kompor’ teman-teman di klub, sampai yang memang terobsesi

Hal ini juga dirasakan Gerry saat mengubah Honda Jazz RS keluaran 2008 menjadi sebuah master piece, yang telah mengumpulkan puluhan piala dan piagam dari belasan kontes.

Biar enggak 'cupu' saat nongkrong bareng teman-teman di Connection Auto Community. Gerry mengganti muffler dan knalpot dengan racing aftermarket replika.

Tak puas sampai situ, tambah lagi dengan body kit pada 2009 dan akhirnya pada 2011 yang lalu kesengsem dengan turbocharger. Sayangnya tahun lalu alias 2013, Honda Jazz kesayangannya sempat tenggelam saat musibah banjir besar di Jakarta Utara.

No caption
No credit
No caption


"Sejak saat musibah itu, mobil saya buat ekstrem untuk pameran dan kontes," papar Gerry. Bukannya apa-apa, barang interior sudah pasti hancur dan mesin harus overhaul. Belum lagi sistem audio di mobil langsung afkir.

Ya sudah, mumpung momennya ada untuk membuat master piece yang sudah didambakan, Gerry akhirnya merangkul kakak beradik Kenny dan Kevin dari Eagle Modified di bilangan Pluit, Jakarta Utara.

No caption
No credit
No caption

Mesin punya performa galak di putaran rendah, menengah hingga atas, karena jeroan mesin dan turbo yang perfect match

Proses pengerjaan memakan waktu hingga 6 bulan karena saat start, kondisinya sangat memprihatinkan. Mobil benar-benar ditelanjangi sampai tinggal kalengnya saja.

Jok, door trim dan plafon asli tak ada yang terpakai. Wong sudah rusak juga. Termasuk mesin di-set ulang dengan turbo yang lebih besar dan atribut mesin yang lebih sangar. "Turbo lama tinggal kenangan Bro!" kelakar Gerry.

Eksterior pun memakan waktu cukup banyak dalam proses pengerjaan karena Gerry membungkus ulang keseluruhan bodi Jazz RS dengan carbon fiber yang kemudian dicat dan airbrush.

Yup, jadi keseluruhan panel carbon fiber yang telah dicetak khusus mengikuti lekukan bodi Jazz RS, kemudian ditempel dengan lem khusus. "Airbrush dan custom paint saya serahkan ke Tomi Airbrush," terang Gerry.

No caption
No credit
No caption

 
-Interior mengalami rombakan pada bagian dasbor dengan balutan carbon fiber dan jok Bride Gias 2 Low Max bernuansa sama
-Salah satu gelar yang pernah diraih, "The Best Brake System" karena pemakaian Altech disc 330 mm dan 6-pot caliper
- Jazz 4 pintu ini berubah fungsi lantaran jok belakang sudah terisi speaker set, subwoofer dan botol nitrous oxide


Sementara untuk interior, Gerry cenderung bermain dengan aluminium bordes pada door trim dan cover tiang mekanis scissor doors. Eagle Modified memang jago untuk urusan yang satu ini.

Mekanis pintu gunting yang satu ini tak mengandalkan engsel mekanis model manual. Melainkan sudah motorized dengan motor listrik yang bisa membuka tutup sendiri lewat sentuhan tombol.

"Bayangkan saja seperti pintu Mercy S-Class atau Alphard yang bisa menutup/mengancing sendiri, hanya saja yang satu ini ditambah gerakan membuka ala pintu gunting," terang Kevin panjang lebar.


Pintu gunting pun mengalami evolusi dengan menggunakan motor listrik alias motorized dan pintu bisa mengunci otomatis(kiri).Turbo intercooler bukan untuk pemanis tapi karena sudah mengusung rumah keong Mitsubishi Lancer Evo TD-04 (kanan).

Woow, pastinya rumit melakukan setelan pada engsel dan gerakan membuka tutup karena semuanya customizing. Tetapi terbayarlah dengan hasil piala dan piagam yang sudah berhasil dikumpulkan selama setahun terakhir.

"Baru ikutan kontes awal tahun kemarin, tetapi sudah ada puluhan piala di rumah," bangga Gerry. Sayang beribu sayang, karena kesibukan yang baru saja melandanya akhir-akhir ini, master piece berkelir biru bunglon tadi nampak kurang terawat. Apa karena sudah balik modal, bro? Hahaha..! (mobil.otomotifnet.com)


Data Modifikasi :


EKSTERIOR:

Custom wide front bumper, spoiler, fender and doors carbon fiber, Custom wide rear doors, fender and bumper carbon fiber, Custom GT-Wing carbon fiber, side step, hood, rear trunk, rear garnish, fuel lid carbon fiber, side mirrors, Custom front Koenisegg doors hinge, custom rear slide back doors hinge, custom adaptor 5cm, Full carbon fiber body Custom Paint Job and airbrush by Tomi Airbrush 

INTERIOR:
Custom Full carbon fiber dashboard, centre console box, door trims, door handles, Bride Gias 2 Low Max yellow carbon, Full covered Mbtech leathered interiors, Stainless steel gas and brake pedal, Custom rollbar 4-point, Custom floor stainless steel MESIN: Custom Turbo TD-04 HL, custom turbo piping, Apexi intercoolers, HKS Blow off SSQV, KNN Apollo air intake, Samco radiator hose, Greedy oil catch tank, Custom braided oil catch tank line, Piston Crower, Connecting rod Crower Hi-Beam, GReedy spark plug, HKS Ground wiring cable, Custom stainless exhaust, system, Unichip Dastek Q+, Unichip Dastek i-drive, Unichip Dastek Turbo Module, Pivot Throttle Controller, HKS Turbo Timer 

IN CAR ENTERTAINMENT:
Shaved doors smart entry, Motorized rear trunk system, Motorized front door system KAKI-KAKI: Altech Big Brake Kit 6-pot 330 mm (front), Altech Big Brake kit 4-pot 303 mm (rear), Goodridge brake lines (hose), XXR 527 Concave bunglon wheels, GReedy Front upper strut bars, Rays lug nut AUDIO: Subwoofer Prokick 12" x 6 pcs, Custom Bewith 3-way, Custom Bewith Tweeter, Custom Bewith Midbass 6", Art Nouveu 4-channel Amplifier x 2 pcs, Prokick Monoblock 2-channel x 2 pcs, Dry battery Power supply 100 Amp, Pure copper 0 AWG cables, Pioneer full range speakers


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa