Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Identitas Mobil Lenyap, Gelar King Extreme pun Direbutnya

Jumat, 27 Desember 2013 | 14:30 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Medan - Bisa dipastikan, tak ada yang bisa menebak, apa dasar dari mobil ini. Mau diintip dari sisi eksterior maupun interior sudah tidak meninggalkan sedikit identitas asli mobil yang bentuknya hatchback ini. Jika dilihat dari depan bagaimana buaya sedang membuka mulut. 

No caption
No credit
No caption
Tody Chan, sang pemilik, telah merombak secara ekstrem untuk konsumsi lomba. "Kita melakukan body conversion secara keseluruhan. Bahannya, perpaduan antara pelat besi dan fiber," buka Tody yang mngusung tema modifikasinya Alien.

Melihat tongkrongan, terkesan Alien ini memiliki bobot sangat berat. Tody pun menepis, justru tidak terlalu berat berkat pemakaian dempul yang ekstra tipis. "Kita memakai dempul tipis saja. Hanya bermain di material body conversion serta finishing pada cat," urai warga Medan, Sumatera Utara, ini.

Dengan desain bodi lebar dipadu mata sipit dengan laburan cat hijau dan dipadu tata cahaya audio dari dalam kabin (juga warna hijau), tak salah kalau Tody menjulukinya King Alien.

Sudah desain bodi bikin terkagum-kagum, kian tercengang kala melongok ke dalam kabin. Hanya, untuk membuka pintu model gunting (gullwing) butuh waktu menitan karena proses motorized yang menopang keseluruhan pintu dan jendela.

Begitu pintu terbuka, hanya ada satu jok pengemudi di tengah. Selebihnya, dijejali perangkat audio. Pengemudi ditemani 4 unit monitor ukuran 4,5 inci dan 7 inci pada bagian depan. 

Ditambah tatanan audio di bagian tengah berupa speaker coaxial 4 unit, plus speaker split Morel Maximo berukuran 6 inci, sehingga dilihatnya cukup sesak. Tidak sah, rasanya jika tidak ada dentuman bas ekstra kuat. Subwoofer dipercayakan pada Cello ukuran 12 inci yang disusun rapi di bagasi, kabin serta lantai dasar bagian depan.
No caption
No credit
No caption

Bodi sudah asli sudah sirna, begitu juga dengan ruang kabin. Kali-kali, dari mesin bisa terungkap identitas mobil ini. Ternyata, jantung pacu SOHC 1.400 cc itu juga tak bisa mengungkapkan identitas, meski sudah ditambah turbo TD04 lantaran tertata rapi. Hanya, intercooler dari Autobann yang tampak dengan penempatan yang tak lazim.

Biasanya, intercooler diletakkan di depan (air dam). Sedang, Alien ini berada di atas dekat dinding pembatas berikut piping dibuat custom.

Dengan bobot dan tenaga yang meningkat, kaki-kaki Alien ikut dibenahi. Satu set universal air suspension dijejalkan, untuk meladeni keempat pelek NKB Elite ukuran 20 inci yang dibalut ban Accelera ukuran 225/35R20 (depan) dan 275/30R20 (belakang).


Hasil dari rombakan ekstrem ini, Tody pun berhasil memboyong 17 piala dalam final kontes modifikasi yang disponsori salah satu produsen ban di Jakarta. Bahkan modifikasinya itu dinobatkan sebagai "The King Extreme".  "Sekarang, mobil sudah di Kupu-kupu Malam, Yogyakarta sedang dipersiapkan untuk kontes 2014," tutup Tody.

O...ya, lupa. Apa asli dari mobil ini? Agar tidak penasaran, dasarnya adalah Hyundai Getz 2005.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa