Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Civic Estilo Ini bisa "Joget" Setelah Pindah Gerak Roda Belakang

Senin, 11 November 2013 | 16:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Yogyakarta - Honda Civic Estilo ikut drifting. Apa bisa? Karena, hatchback Honda itu kan gerak roda depan, sementara cabang "joget otomotif" ini akan lebih luwes tariannya dengan kaki belakang. Selain, harus didukung tenaga mesin yang besar.

Thaufiel Mardiyan, pemilik Hinda Civic Estilo 1992, tidak kehilangan akal. Apalagi dirinya bagaikan perempuan mengidam, pengin coba ngedrift dengan mobilnya. Mau tak mau, "mobil semata wayang, rela dikorbankan untuk dikonversi," sebut pemuda 23 tahun itu.

Beruntung, Thaufiel bersua dengan pemodifikasi dari Shift Engineering, Steve Pramudita Oetomo. Ia sanggup memenuhi keinginan pemilik Civic Estilo.
No caption
No credit
No caption

Untuk mengubah sistem gerak roda dari depan ke belakang, mesin standar harus dipensiunkan. Sebagai gantinya dipasang jantung pacu Nissan Silvia SR20DET 4 silinder segaris. Berbagai komponen kompitisi ikut dijejalkan agar bisa menghasilkan tenaga.

Karena gerak roda belakang (RWD), tentu butuh differential. Bagian ini diambil dari saudara Silvia, yakni Nissan Skyline yang didalamnya sudah dibenamkan Cusco 2-way LSD. Meski saat pemasangan harus memodifikasi sasis belakang agar plug-in dengan sempurna.
No caption
No credit
No caption

Begitu juga kala menanamkan mesin, lumayan rumit. Paling tidak harus  membuat ulang engine mounting, bracket, dan tubing front end agar lebih kuat. Lebih penting lagi, lanjut Steve, harus presisi dan center karena jika miring sedikit akan sulit memasang girbok dan tidak nyaman dikendarai.

Karena butuh tenaga mesin penggerak mumpuni, jeroan mesin kompetisi dijejalkan seperti piston Wiseco dengnan setangnya buatan Eagle. Metal-metal dipercayakan pada produk bikinan ACL. Turbo bawaan Silvia pun ikut disingkirkan dan diganti dengan Garrett GT2835R. 

Hasilnya, tenaga yang dimuntahkan mencapai 500 dk. Untuk memudahkan dalam mapping ignition dan fuel, ECU stand alone Haltech Platinum Sport 1000 dipercaya untuk fine tuning. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa