Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW 318i E30 1990, Serigala Berbulu Domba

billy - Sabtu, 24 Agustus 2013 | 08:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hahaha… Memang banyak yang mengira begitu sob, cuma tampilan saja,” ujar Abimanyu, si empunya sedan berkelir Piaggio Blue ini. “Begitu gue gas, baru ketahuan aslinya,” ungkap pria yang berprofesi sebagai lawyer ini.

Begitu Abi membuka kap mesinnya, terlihatlah pemandangan yang menakjubkan sekaligus mengerikan. Yup, mesin E30 yang hanya berkapasitas 1.800 cc sudah diganti dengan mesin M50 FrankEngine 2.5 yang berkapasitas 2.500 cc!

Gilanya lagi, mesin dari salah satu tuner BMW ini tak dibiarkan dalam kondisi standar. “Nanggung lah kalau nggak gue up grade, daripada nanti bongkar lagi,” tutur Abi serius. Akhirnya, mesin pun segera dibongkar untuk dilihat kondisinya. Overall, kondisinya masih bagus, hanya saja Abi ingin performanya lebih kencang.

No caption
No credit
No caption

Akhirnya mesin pun di-blueprint ulang. Seluruh piston dan kruk as di balans ulang, kemudian camshaft juga diganti dengan lansiran Schrick dan ditambahkan Unichip Dastek Q+. “Gue lupa durasi cam-nya berapa, tapi yang pasti kalau bejek gas, mesinnya langsung ‘teriak’ dan suaranya seram sob, hehehe…” kekehnya.

Menurut estimasi Abi. “Sekarang power mesin ini sekitar 230 dk, 140-160 km/h sekarang gampang banget,” bilangnya senang. Tak hanya mesin, transmisi berikut short shift dan gardan diganti dari eks M3 versi E30 untuk mengimbangi buasnya tenaga mesin.

Puas dengan mesinnya, Abi pun melabur ulang seluruh body dengan warna Piaggio Blue agar berkesan kalem, tak lupa seluruh body kit Hartge orisinal juga disematkan.

Oh iya, Abi juga cukup ‘tega’ melubangi atapnya untuk memasang sunroof Webasto. Untuk interiornya, Abi memasang jok Recaro yang bahannya berwarna biru agar serasi dengan catnya. Kemudian spidometer, setir, dan shift knob juga diambil dari M3 versi E30.

Yang pasti, begitu diajak mencoba ke jalan tol Bintaro, jantung rasanya berdegup lebih kencang begitu melihat spidometer tahu-tahu sudah mencapai 150 km/j. Belum lagi kepala rasanya menempel ke jok Recaro ketika pedal gas dibejek habis. Benar-benar ruarrrrr biasaaaaa!!. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa