Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mercedes-Benz 300E 1990, Modifnya Pelajar SMK!

billy - Minggu, 4 Agustus 2013 | 11:38 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

M. Harviansya, yang sakses obrak-abrik Mercedes-Benz 300E lansiran 1990 ini terbilang beruntung. Selain tampil sporty dengan body kit ala Brabus, Boxer silver metalic tersebut sanggup ngacir kencang. “Soalnya, mesinnya dijejalin turbo,” kekeh siswa SMK Negeri 5, Solo.

Ian, begitu sapaannya, memang masih duduk di bangku SMK kelas XII TGB, namun selera modifnya patut dapat acungan jempol. Coba lihat sedannya ini, ada 2 konsep yang mau dihadirkan. Yakni segi tampilan dan sisi engine. “Kurang asyik kalau tampilannya bongsor jadi sporty, tapi larinya lemot,” kilah lajang 17 tahun tersebut.
No caption
No credit
No caption
Asyiknya, support orangtuanya dalam banget. Ayahnya yang tak lain Sony Wibisono, owner Rosok Mercy. Sebuah gerai spesialis spare part Mercedes-Benz, bersistem online. Usah heran ketika Ian merunut pada konsep full Brabus, Sony pun langsung oke. Alias beri lampu hijau, bahkan kasih info rujukan bengkel langganan, yakni Jeckey Motorsport di Bintaro, Jaksel.

Singkat cerita, ubahan modifikasi diserahkan total ke Jeckey. Diklaim ala Brabus, terlihat dari berbagai aksesoris berlabel Brabus, semisal pedal, door lock, emblem, sill plate, shift knob pun model fender yang lebar.

Tanpa ampun memang, fender (depan, belakang) rela dilebarkan. Bahkan menyatu dengan side skirt kiri dan kanan bawah yang dibuat dari pelat. “Kalau bumper depan belakang sih tetap fiber karena lebih luwes saja,” ucap Sony.


Tak kalah heboh ketika kap mesin dibuka. Bongkahan intercoler custom tampak bertengger di atas kepala silinder berwarna merah. Sedangkan di bagian kiri mesin, tampak pula sosok turbo berlabel Garett M33 lengkap dengan blow off custom. Manajemen pengapian pun sip, terlihat diatur MSD.

Menurut Sony yang ikut nimbrung menjelaskan, daleman mesin berkapasitas 6 silinder 3.000 cc juga diolah, namun enggak ekstrem. Cukup porting polish dan kompresinya enggak dimainkan. Malah cenderung turun. Tekanannya turbonya pun cukup ½ bar.

Yang jelas, tambahan tenaganya seperti terbukti, namun sayangnya Boxer ini belum pernah dicoba di dyno. “Kalau taksiran sih tenaga aslinya cuma 190 dk, dengan turbo mungkin nambah sekitar 40 dk tuh,” yakin keduanya kompak. Ketika suaranya mesinnya digeber pada rpm tinggi. Serem cuy, seerrr, seerrrrr. Hehehe… Sip lah. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa