Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Silvia S14, Bukan Pakai V8 Biasa!

Selasa, 25 Juni 2013 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Finlandia – Demi kegemarannya akan dunia kecepatam Nissan Silvia S14 milik Robin Bystedt dimodifikasi berat dengan menganut swap engine. Berbeda dari Silvia S14 kebanyakan yang mengandalkan mesin 2JZ atau V8 keluaran Amerika, Bystedt malah memakai mesin V8 BMW!

Yup, bukan tanpa perhitungan jika Bystedt mencangkok mesin BMW. Pasalnya pria asal Finlandia itu menginginkan tenaga dan torsi yang langsung tersedia di semua putaran mesin. Setelah berdiskusi maka diputuskan penggunaan mesin BMW V8 berkapasitas 4.4 liter M62B44 milik sedan besar BMW 740i.

Asiknya lagi, meski berbeda karakteristik dari mesin SR20 standarnya yang 4-silinder ternyata tidak terdapat banyak perbedaan dari dimensinya hingga berat mesin tersebut.

Tak didiamkan berkondisi standar, mesin V8 tersebut ditanam dengan turbo keluaran Holset berkode HX50 dan diberikan bukaan 2 bar ditambah dengan saluran gas buang yang dibuat custom. Dengan penggunaan turbo maka supply udara pun harus bertambah, terlihat dari head lamp sebelah kanan yang ditanggalkan digantikan dengan air filter yang menyembul keluar head lamp.

Tidak hanya itu, perubahan juga terjadi didalam mesin dengan penggunaan copper ring head gaskets, ARP head bolts, external wastegate, Walbro 255 L/h in tank fuel pump, custom fuel collector tank, 2x Bosh Motorsport 044 fuel pumps, Aeromotive fuel pressure regulator, 875 cc/min injectors, dan C4 Audi S6 oil cooler x2.


Urusan pendinginan mesin sang empunya mempercayakan kepada produk keluaran Griffin Intercooler yang berpadu dengan pipa customs dengan penggunaan ASH silicone hoses.

Sektor kaki-kaki dipercayakan pada pelek Yokohama ADVAN Racing RGII berukuran 17 inchi dibalut ban Bridgestone Potenza RE070. Sementara penahan laju kendaraanpun terkena sentuhan dikeempat rodanya tertanam rem copotan dari Nissan 300zx.

Masuk ke kabin, tersemat panel-panel indikator keluaran KI Racing dan jok yang dipakai ialah produk dari Sparco, begitu juga dengan steering wheel yang juga keluaran Sparco. Untuk sisi keamanan, Robin memasang custom roll bar dan juga seat belt 4 titik keluaran Schroth.

Eits, tampilan mobil juga nggak ketinggalan untuk dijamah. Alirannya JDM, untuk itu Silvia S14 ini dipasangi body kit keluaran Origin Labs dipadukan dengan dudukan sayap belakang keluaran Mikki Metall yang diatasnya terpasang sayap keluaran Driftworks. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa