Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Civic Type R FD2 2007, Tidak Puas Modifikasi Pabrik

billy - Jumat, 14 Juni 2013 | 10:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Honda Civic Type R menjadi salah satu kendaraan yang berperforma tinggi. Bayangkan saja, bermodalkan kapasitas mesin 2000 cc dengan penggerak depan, tenaga standarnya dapat tembus 240 dk berdasar klaim pabrikan. Hal ini yang membuat Ricky Karyanata Dianto menebus Civic Type R FD2 lansiran 2007.

“Tentu saja tidak dibiarkan standar, karena basic bodinya mirip dengan Civic FD2 biasa, malahan banyak FD2 biasa dibuat gaya Type R,” sebut pria 29 tahun ini. Pelek standar segera diganti dengan BBS LM 18 inci, dengan lebar 18,5 inci depan dan 9 inci di belakang, dibalut ban perfoma tinggi dari Advan tipe Neova AD08 ukuran 235/40R18. Tidak cuma pelek, body kit turut diganti buatan Charge Speed yang jarang beredar di Indonesia.


Sektor mesin digarap paling serius oleh wiraswasta muda ini. “Masih kurang tenaganya menurut saya makanya di-upgrade,” ujar pria yang kuliah di Selandia Baru. Camshaft Brian Crower stage 2 langsung dipadukan dengan per klep Toda Racing. Sistem pembuangan juga diganti total, mulai dari header dan catalytic replacement buatan Toda Racing serta Fujitsubo catback exhaust.

Seluruh pengerjaan mesin di serahkan ke Firna Protechnik, kecuali untuk fine tuning Hondata Flashpro, dikerjakan oleh Driven Crazy dari Singapura. “Memang tidak bisa sekali tuning langsung enak, harus beberapa kali,” sebut penghuni kawasan Jelambar, Jakbar. Hasil akhir tak sia-sia, di dynamometer Dastek menunjukan tenaga sebesar 280 dk dan torsi 300 Nm.

“Untuk sekarang saya sih sudah puas dengan kondisi yang ada, tapi yah mungkin ke depannya akan dimodifikasi lagi jika ada parts yang lebih bagus,” tutup Ricky.

Ditunggu yah bos kelanjutannya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa