Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Brio S M/T 2013, Hasil Akurat Berkat Riset

billy - Jumat, 24 Mei 2013 | 14:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Turbo biasa dipasang bagi sebagian orang untuk ikut di ajang kompetisi balap. Namun Andy dari bengkel ABS Performance di Sunter, Jakut berkolaborasi dengan Indra dari Turbo Innovation justru memasang turbo di Brio untuk harian.

"Ini memang proyek kita sejak lama. Sebelum modifikasi kita riset dulu dipakai harian. Demikian juga setelah dipasang turbo," sebut Indra yang mengaku kalau konsumsi bahan bakar hasil test drive OTOMOTIF juga menjadi acuan.

Selain riset jalan, mesin juga kena ‘teropong' karena sektor ini yang akan ditingkatkan. Turbo yang dipakai dari Garrett, namun pesan khusus untuk spesifikasi Brio. "Hasilnya, disegala putaran mesin tenaga tersedia. Turbo sudah mulai boost sejak rpm rendah, jadi untuk dalam kota sangat pas. Performa harian jelas meningkat," sebut Andy.

No caption
No credit
No caption

Sesuai peruntukannya, maka boost turbo hanya 0,25 bar dan mencatat tenaga sebesar 153 dk. Sedangkan kemampuan turbo bisa lebih dari 1,6 bar. Sengaja dibuat boost kecil karena tujuan utama masih untuk performa harian saja. Bahkan bahan bakar juga diseting hanya sekelas Pertamax. Kecilnya boost ini juga untuk menunjang internal mesin yang masih standar.

Tidak hanya turbo saja yang melalui tahap riset, namun juga penggunaan intercooler. Pendingin udara tersebut dapat terpasang dengan rapi di balik bumper depan. Penempatan tanpa merusak bumper, namun tetap dibuatkan dudukan baru. "Jadi kalau dilihat, bumper tetap rapi dan standar pabrik," tambah Indra.


Sebab itu dimensi intercooler tipis karena menyesuaikan ruang yang ada. Komponen ini dipesan khusus ke Taiwan.

Setelah semua terpasang, riset kembali dilakukan untuk mengetahui performa mesin serta konsumsi bahan bakar. Menurut Indra, kini Brio tersebut memang lebih boros dibanding standar, namun tenaga meningkat. Konsumsinya masih melebihi dari 10 kilometer untuk 1 liter Pertamax.

Riset berikutnya, akan dibawa ke kompetisi drag race untuk mengetahui catatan waktu terbaik. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa