Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW 320i 2010, Tak Hanya Tampang Kencang

billy - Sabtu, 18 Mei 2013 | 09:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tak hanya bermodalkan tampang kencang, pastinya sumber tenaga turut dibenahi. Walau masih dibekali mesin standar, namun begitu mengintip di balik bumper, kok ada intercooler ya? "Sekarang tambah turbo dari Zage TD04 dengan boost 0,5 bar, karena masih digunakan untuk sehari-hari," ungkap Mario, tuner dari bengkel MF'SpeedWorks di Jl. Dukuh Kupang Barat No.15, Surabaya.

Alhasil, begitu turbo membutuhkan suplai udara berlebih, filter udara K&N pun menggantikan aslinya. Tapi, posisi filter jadi rentan kemasukan air karena terletak di balik bumper depan, bagian kanan. "Soalnya enggak ada tempat lagi untuk menaruh filter udara, ruang mesin sudah terlalu sempit," ucap Mario lagi.

Belum lagi, aliran udara harus didinginkan intercooler Autobahn yang sempat bikin OTOMOTIF penasaran tadi. Oh iya, seluruh pipa-pipa mesti dibikin ulang menggunakan bahan stainless berdiameter 60 mm dengan header dan down pipe custom racikan Mario. Memperlancar aliran gas buang, knalpot juga dibuat ulang dengan pipa 2,5 inci dengan konsep free flow.

Nah, paling ribet justru ketika menyetel mapping mesin. ECU asli tentu tak bisa lagi digunakan. Akhirnya, ECU keluaran My Genius yang dipercaya mengatur kinerja mesin keseluruhan. "Mapping-nya mesti dibuat khusus karena bagian internal mesin enggak ada perubahan, baik kompresi ataupun lainnya," sambung pria ramah ini. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa