Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression All New Honda Accord

billy - Senin, 29 April 2013 | 09:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta -  Honda Prospect Motor baru saja meluncurkan generasi ke-9 dari Honda Accord. Hadir dengan segala pembaruan, sedan medium ini siap untuk melawan kompetitornya disegmen yang sama, semisal Toyota Camry maupun Mazda6.

All New Honda Accord generasi terbaru Accord ini tak lagi tampil bongsor. Dimensinya kini dirancang lebih compact dibanding versi sebelumnya. Jarak sumbu roda menciut 25 mm dan panjangnya tereduksi 76 mm.

Kalau sebelumnya merupakan sosok yang ada di Bangkok International Motor Show 2013. Nah, yang sekarang Anda lihat di halaman ini adalah unit yang sudah ada di Tanah Air. Yuk, mari intip detailnya satu persatu.

KAMERA SPION

Oh iya, rencananya ada 2 tipe yang akan dipasarkan di Tanah Air, “Yaitu All New Accord VTi dan VTi-L. Tipe tertinggi VTi-L. Mesinnya sama 2.4 liter, semuanya bertransmisi matik,” beber Jonfis Fandy, Director Marketing & After Sales PT Honda Prospect Motor (HPM).


Nah, unit di halaman ini adalah tipe VTi. Bedanya dengan teknologi VTi-L hanya di fitur-fiturnya saja.

Oke, mula-mula tengok ruang mesin. Ketika kap dibuka, tampak dapur pacu dengan cover cylinder head bertuliskan Honda Earth Dream Technology i-VTEC. Mesin baru kah?

No caption
No credit
No caption
Ouuww... ternyata bukan. Mesin All New Accord ini pengembangan dari generasi sebelumnya. Kapasitas mesin tetap 2.4 liter. Hanya saja yang sekarang dirancang lebih ringan dengan mengubah komposisi metalnya. Makanya bobot All New Accord ini bisa lebih ringan 25 kg dari versi terdahulu.

Mesin sedan terbaru Honda ini diklaim mampu memuntahkan horse power hingga 176 PS (173,6 dk) di putaran 6.200 rpm. Sedang torsi puncaknya tembus 225 Nm di 4.000 rpm. Mantap kan?

Lanjut meneliti eksterior bagian depan, tampak lampu depan dengan rancangan baru mengusung projector head light. Dari info yang didapat, untuk tipe VTi menggunakan lampu utama jenis halogen. Sementara tipe VTi-L pakai HID.

Tampilan depan jadi makin sip dengan hiasan LED Daytime Running Light pada bagian bawah head lamp. Ditambah desain foglamp, gril serta kisi-kisi udara ke mesin dirancang bergaya masa kini dan tampak lebih elegan.

Beranjak ke bagian samping, ada sesuatu yang unik. Tepatnya pada spion sebelah kiri. Pada bagian bawah cover spion terdapat sebuah kamera. Pastinya kamera tersebut terkoneksi dengan layar di dalam kabin. Makanya, langsung masuk kabin.

Kesan mewah dan hi tech langsung terpancar saat masuk dalam kabin. Di tengah dasbor, tepatnya di atas head unit (HU) double din terpampang sebuah layar monitor berukuran 7 inci.

Penasaran, langsung saja segera duduk di belakang setir guna mengaktifkan tampilan monitor, head unit serta panel instrumen. Tentunya sekalian coba menyalakan mesin 2.4 L i-VTEC DOHC-nya.

Posisi dudukan terasa nyaman sekali. Tak terasa seperti berada di dalam kabin sedan bongsor. Untuk mendapatkan posisi duduk yang ideal, pada tipe ini masih manual. Untuk tipe VTi-L sudah elektrik.


Pada kemudi terlihat ada 2 buah tombol. Sebelah kanan adalah tombol cruise control, sedang kiri tombol audio plus menu untuk melihat beberapa informasi pada monitor di tengah dasbor. Lalu pada ujung tuas saklar lampu terdapat tombol bergambar mobil dengan spion kiri seperti ada sorotan. Nah, tombol inilah yang digunakan untuk mengatifkan kamera yang ada pada spion.

Enggak pakai lama, kontak yang masih model anak kunci dan terintegrasi dengan remote segera diputar ke posisi Start. Mesin pun hidup dengan mudah.

Pencahayaan pada panel intrumen, layar monitor serta head unit juga ikut menyala. Pada layar head unit tertera pilihan Radio FM dan AM, CD/DVD, koneksi USB, Ipod, Pandora serta AUX. Sedang layar monitor di atasnya, ketika tombol menu pada setir dimainkan, terpampang beragam pilihan informasi berbahasa Indonesia, seperti sejarah perjalanan, berkendara kini dengan info konsumsi BBM instan dan rata-rata serta jarak tempuh.

Puas melihat tampilan di dasbor, kami pun coba menekan tombol di ujung tuas saklar lampu di setir sebelah kanan. Benar saja, monitor di tengah dasbor langsung menampilkan gambar area di samping kiri mobil.

Rupanya untuk mengaktifkan kamera spion itu tak hanya tekan tombol di tuas saklar itu lo. Saat sein kiri diaktifkan, monitor juga langsung menampilkan area di samping kiri mobil. Sehingga tak ada lagi blind spot di sisi kiri

Pada tipe VTi-L, ada tambahan kamera belakang untuk parkir. Itu baru beberapa fitur saja. Masih banyak lagi yang lainnya, seperti ECON, untuk berkendara aman dan efisien. Lalu ada dual airbag untuk depan dan side airbag (khusus tipe VTi-L), Pretension & Load Limiter Seatbelt, Pedestrian Protection, VSA,  ABS + EBD + BB, HSA, Emergency Stop Signal, ISOFIX & Tether serta lain sebagainya. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa