Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Evalia XV M/T 2012, Mengurangi Kesan Kotak

billy - Minggu, 10 Maret 2013 | 11:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bentuk belakang MPV keluarga yang cenderung kotak, kini banyak diterapkan pabrikan mobil. Baik pada segmen bawah maupun kelas premium. Desain seperti itu dapat memberi kesan ekstra lega. Sehingga, banyak hal bisa dilakukan anggota keluarga ketika di dalam kabin. Juga, memiliki kemampuan serta kemudahan membawa banyak barang. Momen bersama keluarga pun akan lebih nikmat.

BIKIN SENDIRI

Salah satunya Nissan Evalia. Namun Asep Nur Hidayat, pemilik Evalia XV manual keluaran 2012, kurang sreg dengan desain bagian belakang. Walau diakui secara fungsional mobil ini sudah sesuai kebutuhan keluarganya.

No caption
No credit
No caption

Warga Cikarang, Jabar ini pun putar otak, bagaimana mengakali agar tampilan Evalia terlihat tidak terlalu kotak. Namun dapat menimbulkan kesan sporty dan elegan. Berpengalaman sebagai pembuat body kit kendaraan dan bisnis stiker, tangan kreatif Asep pun beraksi.

Alhasil, perubahan tampak di semua bagian. Untuk depan, ia menambahkan spoiler dari pelat, bukan dari fiberglass. "Biar tidak pecah jika kena guncangan keras atau benturan," ujar Sekretaris II Nissan Evalia Community (NEC) ini.

Side skirts, bumper belakang dan spoiler atas di belakang dari fiberglass. Untuk body kit ini, Asep membuat kreasi sendiri, tidak meniru gaya dari mobil apapun. Termasuk penambahan ujung knalpot biar aroma mobil sport lebih kental. "Ini hanya aksesori, tidak berfungsi," tutur Asep sambil senyum.

No caption
No credit
No caption

Sebagai pemanis, ia menambah aksen yellow smoke pada lampu kabut dan alis di lampu utama. Mengimbagi penampilan sport, pria kelahiran Majenang, Cilacap, Jabar itu memasang roof rail milik Nissan X-Trail. Di spoiler belakang atas dipasang antena sebagai penguat sinyal handphone.

Tampilan sporty kurang afdol jika tidak mengubah bagian kaki. Pelek ganti dengan ukuran 16 inci merek Ignition Advanti, ban 195/55. Dengan ukuran roda 16 inci, handling dan manuvernya jadi lebih enak. "Melaju pada kecepatan 150 km/jam, tetap aman. Terbukti saya pakai bersama keluarga ke Bali tidak ada masalah," ucap bapak 3 anak ini.


Masih di eksterior. Permainan desain dan warna cutting sticker agar terkesan hidup di bodi. Namun yang dibanggakan pemasangan stiker di pilar kaca untuk mengimbangi kaca film yang agak gelap. Sehingga terlihat kaca menyatu dari depan sampai belakang. Ia pun tersenyum kagum setelah melihat kesan kotak bagian belakang kini sudah berkurang.

Masuk ke kabin, interior tidak banyak berubah. Hanya melapisi jok dengan kulit semisintetis merek MBtech. Ia tidak berniat mengganti jok baris kedua dengan model captain seat, karena jok tengah ini sering dipakai anaknya tidur.

Yang terpenting fungsi Evalia sebagai mobil keluarga tidak dihilangkan.Bukan begitu, Kang Asep? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa