Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW 528i E39 1998, Black Beauty ala M5

billy - Sabtu, 23 Februari 2013 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Langsung jatuh hati ketika pertama kali melihat ubahan di BMW 528i kelahiran 1998 ini. Kata pertama yang terbayang adalah black beau­ty. Tak butuh waktu lama ataupun harus melihat data spesifikasi, intinya, the beauty speaks for itself! Cukup pandangi sosok sedan gambot ini, pasti terbayang betapa kecantikan konsep elegan yang terbentuk. Alhasil, rasa penasaran semakin memuncak begitu sang pemiliknya, Chartian Anwar memberikan kunci kontak. Let's go!

Dari sisi eksterior, body kit M5 yang terdiri dari bumper depan dan belakang dengan desain khas M5, sangat pas untuk BMW berkode bodi E39 ini. "Menurut saya, paling cocok untuk E39, ya pakai yang model M5 ini. Terlihat lebih agresif tanpa kehilangan kesan elegannya," ujar Tian, sapaan akrabnya. Tak ketinggalan, Tian juga mengganti spion asli dengan milik M5. "Desainnya lebih oke, kalau model spion asli agak kaku. Enggak nyambung sama desain body kit," tukas pria ramah ini.
No caption
No credit
No caption

Tak cukup, di bagasi terpasang ducktail custom agar tidak terlihat terlalu kosong, "Supaya imbang aja, apalagi bumper belakang itu kan ada 2 lubang untuk knalpot di sisi kiri dan kanannya," tuturnya. Pemanis kaki-kaki, pria 50 tahunan ini memilih pelek Hartge Nouve diameter 20 inci dengan lebar 9,5 inci depan dan 20 inci di belakang. Pelek model 2 pieces ini dibalut ban Accelera Phi ukuran 245/35ZR20 dan 275/30ZR20. Sementara suspensinya, menggunakan kombinasi sokbreker Bilstein Sport dan per H&R juga strutbar Alutec agar handling semakin stabil. Mantap!

Nah, yang tak kalah seru adalah modifikasi mesinnya nih! Tak mau hanya sekadar tampilan, Tian menggandeng Asen dari bengkel Auto Gemilang di bilangan Antasari, Jakarta Selatan, untuk membuat mobilnya jadi lebih kencang. Oleh Asen, mesin ini dipasang intake milik M50 B30, yang tak lain adalah intake-nya M3 versi Amerika.

"Kalau digeber, ‘teriakan' mesinnya beda dan tenaganya juga lebih keluar. Apalagi exhaust system juga diganti dengan Eisenmann. Makin sangar suaranya," jelas Asen. Kemudian Dastek Unichip Q+ juga ditambahkan, agar mesin semakin responsif. Karena mesin sudah kencang, sistem pengereman pun diganti dengan eks BMW 540i yang punya diameter lebih besar.

Masuk kabin, tampilan interior yang biasanya menggunakan wood panel, khusus untuk BMW milik pengusaha bidang transportasi ini diganti dengan panel karbon. "Supaya makin terlihat sporty," akunya. Akhirnya, panel dasbor, panel doortrim, dan panel konsol tengah pun dilapis ulang dengan serat karbon. Selain itu, setir juga ganti dengan model palang 3, yang lingkarnya dibalut kulit.

Sedikit pemanis kala jalan-jalan dan bergaul, Tian hanya mengganti speaker depan, power 4 channel Focal, dan subwoofer Punch yang diletakkan di bagasi. Jadi, tetap terlihat minimalis dan elegan. Cool...  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa