Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CR-Z 2011, Racing Nyaris King

billy - Sabtu, 8 Desember 2012 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dari lahir, walau punya konsep irit bahan bakar berkat teknologi mesin hybrid, namun Honda CR-Z enggak pernah lepas dari aura sportcar. Memang, mesin yang terpasang mungil, hanya berkapasitas 1.500 cc, tapi masih ada tambahan motor listrik bertenaga lebih dari 15 dk untuk bikin badan menempel di jok.

Nah, H. Terry Arisandy enggak pernah melupakan konsep ini ketika membangun CR-Z tahun 2011 miliknya. "Soalnya di Banjarmasin masih jarang yang punya, jadi memang pengin benar-benar bangunnya sesuai konsep," papar Beye, sapaan akrabnya.

Akhirnya, tak salah kalau sportcar hybrid miliknya mendapatkan ganjaran Nominee King Racing saat gelaran Class Mild Accelera Auto Contest di Banjarmasin (3/11) lalu.

Nyaris jadi King, pemilihan unit yang tepat saja tidak cukup untuk memenangkan gelar The King Racing, teknologi mesin CR-Z yang canggih dan rumit masih belum bisa diapa-apain untuk meningkatkan performa. Makanya Beye langsung bikin prioritas untuk mendongkrak tampilan. Aplikasinya, pasti lewat pemakaian material karbon kevlar.

No caption
No credit
No caption

Paling awal, aplikasi body kit dari bumper depan, belakang dan side skirt yang mengadopsi model J's Racing. Tak ketinggalan, spion pun mengambil motif sama. Kesan racing makin terdongkrak berkat rear spoiler model GT Wing yang masing mengandalkan bahan karbon.

Demi kesesuaian tema racing dan sporty, pelek palang lima berukuran 19 inci terpasang di ruang sepakbor. Paduannya, ban beda ukuran yakni 225/35-R19 untuk depan dan 245/35-R19 di belakang. Sentuhan mungil, pria yang tergabung dalam klub Nightlife Cars Club Banjarmasin ini memasang cover caliper Endless dengan rona merah untuk meningkatkan kesan sporty.

Lanjut dalam kabin, nuansa racing dengan aplikasi karbon masih berlangsung gencar. Panel dasbor plus transmisi dilapis karbon, dengan penambahan beberapa indikator tambahan di bagian tengah. Walau tak semuanya difungsikan, namun tapi cukup menambah aura sporty.


Apalagi, Beye juga melapis ulang bahan jok dengan motif dari merek Bride. Warna merah terang di sekujur kabin dipilih agar lebih galak, plus safety belt 5 titik lansiran Takata.

Semoga event berikutnya lebih sukses ya, Sob... (mobil.otomotifnet.com)

Audio system

Salah satu yang jadi kelebihan dalam instalasi kabin ada pada bagian sistem audio yang terbilang berlebih. Namun, bisa saja justru jadi poin kecil untuk juri yang lebih ingin melihat keselarasan konsep modifikasi full racing.

Tak tanggung-tanggung, Beye menghilangkan fungsi kabin belakang yang seharusnya masih tersisa bangku mungil dengan perangkat audio. Khusus yang menghadap depan, sepasang power amplifier Venom dan sepasang Prokick, dengan sepasang subwoofer 12 inci dari Prokick bikin suara terdengar menggelegar.

Untuk menjaga suplai listrik tetap stabil, sepasang capasitor bank berkekuatan 6 farrad terpasang di sisi samping. "Instalasinya masih pakai aki bawaan mobilnya soalnya," terang pria yang masih kuliah di salah satu universitas swasta di Banjarmasin ini.

Begitu pindah ke belakang, bagasi dipenuhi oleh monitor TV dengan 2 pasang speaker. "Buat anak-anak kalau lagi nongkrong biar ada tontonan," kekeh Beye lagi.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa