Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Honda Accord 2011, Naga Pulau Dewata

billy - Rabu, 28 November 2012 | 09:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tahun 2012 yang menurut kepercayaan Tionghoa merupakan tahun naga air, dijadikan inspirasi oleh Made Sidartha Mantrasasmitha untuk tema modifikasi mobil hariannya. All New Honda Accord kelir hitam menurutnya sangat pas jika dibalut aksen elegan, sekaligus dijadikan kanvas bergerak yang dapat memunculkan lukisan naga dengan efek warna keemasan.

Bagian eksterior memang terkesan lebih elegan dengan balutan kelir hitam berikut penambahan aksen lukisan airbrush timbul-tenggelam. Pengerjaan yang dilakukan Arta Sari custom paint di Denpasar, Bali itu, menggunakan teknik sketsa freehand painting langsung di bodi mobil.

No caption
No credit
No caption
Pewarnaan eksterior pun disesuaikan ulang dengan wujud naga yang ingin ditampilkan. Untuk keseluruhan cat menggunakan Spies Hecker super deep black. Untuk menampilkan efek soft pada gambar naganya, secara terus menerus dilabur clear coat yang kemudian finishing menggunakan clear ceramic.

Supaya sosok naga yang terlukis dengan teknik airbrush warna candy red dan gold bisa terlihat soft, namun jika terpantul sinar matahari langsung dapat muncul dan menunjukkan wujud sebenarnya, pengerjaan menggunakan efek diamond bright dari Scoles Germany.

"Bagian eksterior dengan airbrush bergambar sosok naga memang menjadi andalan saya untuk ikutan kontes modifikasi di Kuta beberapa waktu lalu. Karena tema mobil ini adalah I'm Draco yang bermakna tahun 2012 adalah tahun naga," jelas Detra, sapaannya.

Mahasiswa jurusan teknik arsitektur Universitas Udayana, Denpasar, Bali ini juga menyematkan atribut pendukung lainnya di sekujur eksterior All New Accord 2011 ini. Seperti bodykit, fender fin, gril berikut muffler custom versi Draco. Selain itu, agar tampilan keseluruhan terkesan lebih gambot, teknik wide body pun diterapkan di depan sebesar 0,5 cm dan buritan dibikin melar sejauh 1 cm.

Besutan dengan sosok Naga pulau Dewata ini akhirnya melenggang ke podium jawara, dan berhak atas tropi King Elegant, King Nominee Elegant dan The Ultimate Elegant. Selain itu juga memenangkan The Best untuk kategori elegant look, interior elegant, particle paint serta best painting. (mobil.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Sound Branded

Kesan serius dalam men-setting sistem audio dengan konsep sound quality loud (SQL), nyata terlihat pada pemakaian komponen yang banderolnya tergolong mahal. Paling mencolok adalah subwoofer Cubig diameter 18 inci, yang memakan hampir 3/4 bagian lantai bagasi. Di samping itu peranti ini juga diimpor langsung dari Amerika Serikat, karena di Tanah Air sendiri ukuran tersebut sangat langka untuk car audio.

Selebihnya, sistem menggunakan berbagai komponen branded yang tentunya punya kualitas mumpuni. Sebut saja head unit Alpine IVA-W502E berikut prosesor Alpine PX-701 i. Komposisi driver utama seperti ini jelas diperuntukkan buat mendongkrak performa suara agar lebih optimal.

Disokong pula dengan beberapa set komponen speaker split Cubig. Untuk kabin depan menggunakan instalasi 3-way, tengah mengaplikasi 2-way, sedangkan pada kap bagasi ditambah dua set speaker 2-way untuk keperluan show off.

Menurut Detra, pemilihan aliran SQL lebih karena dianggap masuk dengan selera telinga anak muda seperti dirinya. "Selain cocok buat mendengarkan lagu melo (melankolis), ketika sedang galau bisa juga diajak memainkan lagu-lagu clubers berirama ngebeat," ungkap cowok 20 tahun ini.

Pantas saja suaranya sangat jernih bila didengarkan dari dalam kabin, dan uniknya saat berada di luar kabin sound terdengar lebih menggelegar mirip sound system tembak ke panggung.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa