Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Freed 1.5 PSD 2012, Kreasi Putra Bali

billy - Sabtu, 24 November 2012 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski beda karakter namun kakak-beradik ini, Peter dan Ryan, memiliki selera yang sejurus untuk urusan modifikasi. Terbukti dengan kepiawaian mereka berdua dalam meracik ubahan pada Honda Freed PSD yang diturunkan pada event Accelera Auto Contest di Kuta, Bali, beberapa waktu lalu.

Peran Peter lebih pada sektor performa mesin, lantaran pria pendiam ini lebih paham soal ubahan seputar dapur pacu 1.500 cc bawaan Freed. Upgrade yang dianut tak lain meningkatkan power, memanfaatkan parangkat turbo kit berikut intercooler Zage.

Menurut Peter, turbin yang dicangkokkan pada mesin Freed butuh beberapa ubahan agar hasilnya optimal. Sistem piping bawaan mobil digusur dan tergantikan oleh down front pipe dari produk yang sama, supaya instalasinya lebih presisi. Sementara penggunaan rear muffler freeflow dari Kansai, ditujukan demi meminimalkan hambatan dari gas buang agar putaran mesin tak tersedak.

No caption
No credit
No caption

Suplai bahan bakar otomatis harus di-upgrade agar tenaga enggak ngos-ngosan. Untuk itu Peter menambah extra injector 450 cc demi memaksimalkan semburan bensin ke ruang bakar.

Pengaturan sistem turbo dikendalikan langsung oleh turbo module berikut throttle module Dastek, berikut otak manajemen sistem dipusatkan pada komponen Dastek Q+. Alhasil tenaga yang sanggup dimuntahkannya tergolong besar. "Tapi masih aman buat dipakai harian," tandas Peter.

Sedangkan Ryan, sang adik, punya selera fashion yang dinamis untuk urusan eksterior maupun interior. Tersimak lewat padu-padan cutting sticker dan sticker printing, bertemakan karakter super hero versi animasi. Namun tema street racing yang diusung tetap ditonjolkan, lewat pemasangan carbon engine hood berikut custom body kit di sekujur eksteriornya.

Hasil kreasi kakak-beradik asal Bali tersebut pun akhirnya diganjar beragam tropi kemenangan. Mulai dari The Ultimate Street Racing, King Street Racing hingga The Best di beberapa nominasi berhasil diboyong berkat kebersamaan mereka berdua dalam memodifikasi impiannya.

In Car Entertainment


Jika dicermati lebih detil, sebenarnya ubahan di kabin belakang yang difungsikan untuk tempat menaruh beragam komponen audio, juga didedikasikan sebagai media pemanis tampilan interiornya.

Aspek penataan komponen yang rapi, memungkinkan untuk digunakan sebagai ruang bagasi tambahan. Space yang tersisa di bagian tengah masih dapat dimanfaatkan untuk menaruh satu koper besar atau dua tas jinjing ukuran sedang.

Konsep penataan ruang kabin belakang ini dianggap oleh Peter dan Ryan, sebagai pengganti fungsi dari jok baris ketiga yang sudah dikorbankan. Meskipun begitu, placement komponen juga menganut instalasi ala sound quality.

Terlihat dari posisi serta arah subwoofer DLS 10 inci, yang ditaruh tepat di tengah kabin menghadap ke belakang. Tujuannya agar suara bass dapat merambat ke kabin depan lewat pantulan dari dinding backdoor, yang diyakini akan tercipta lebih soft namun tetap bertenaga.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa