Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Juke RX 2012, Tambah ‘Doping’ Tembus 160 dk!

billy - Minggu, 28 Oktober 2012 | 08:38 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Setelah berganti STNK dari Toyota Rush ke Nissan Juke RX 2012, Yohan Gunawan tetap menyalurkan hobinya untuk memodifikasi. Namun kali ini beda aliran, kalau Rush berkonsep VIP dan elegan, di Juke barunya diambil tema street racing. “Soalnya masih fresh dan unik, jadi terpikir untuk dimodifikasi,” jelasnya sohib lama OTOMOTIF ini

Selain mendandani tampilannya, Yohan juga punya prioritas utama mendongkrak tenaga lewat dorongan turbocharger. Inspirasinya dari Juke versi Eropa berkapasitas 1.600 cc yang sudah dilengkapi turbo. Namun, karena di pasaran aftermarket Tanah Air masih sulit diperoleh, langkah custom pun ditempuh.
No caption
No credit
No caption

Berdasarkan berbagai referensi, sebongkah rumah keong berlabel Garret TD04 dipilih. “Piping juga custom semuanya karena memang belum ada yang bolt-on,” ujar ketua komunitas Option Jakarta ini menyebut ukuran pipa memakai 2,5 inci.

Langkah serupa juga dilakukan pada penggantian header konfigurasi 4-2-1 dan pemipaan gas buang custom racikan bengkel Undercontrol. Kecuali penggunaan double muffler HKS Hi-Power di akhir yang turut mendongkrak tenaga cukup signifikan.

Dengan racikan macam ini, keluaran tenaga yang dihasilkan sanggup meletupkan tenaga hingga 162.8 dk dari aslinya yang hanya 104 dk setelah di-dynotest. Padahal boost turbo baru dibatasi 0,48 bar. Apalagi bobot mobil yang naik akibat penambahan berbagai komponen audio di bagasi dan pelek berdimensi gambot.


Namun diakuinya pencapaian tersebut belum sempurna. “Mesin belum optimal, ada sedikit kekurangan, masih akan ada beberapa perubahan lagi,” ujarnya tanpa merinci kekurangan yang dimaksud. Yang jelas dirinya mengakui bahwa tidak ada gejala turbo lag dikarenakan asupan turbo yang diterima mesin sudah sangat pas.

“Tarikannya benar-benar beda, dari (putaran) middle ke atas dapat semua,” akunya. Atas segenap jerih payahnya ini, berhasil meraih penghargaan King Juke dan Best Nissan dari salah satu kontes modifikasi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Congrat Sob!. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa