Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Civic Estilo1994, For Competition Use Only!

billy - Kamis, 6 September 2012 | 09:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ketika Alvitto ingin tantangan lain di dunia balap, banyak pihak dibuat pusing. Pasalnya, Mitsubishi Galant 'hiu' miliknya yang sudah twin turbo dianggap kurang mumpuni untuk balap touring. “Hiu buat time attack aja,” sahut Alvitto.

Akhirnya pelajar SMU ini kepincut dengan Honda Civic EG alias Estilo yang notebene coupe. Hasil diskusi dengan sang ayah, akhirnya diputuskan kirim mobil ke Alfred Sitohang, juragan Pro Drag di Pondok Gede, Jaktim.

Makin puyeng karena spesifikasi yang diinginkan terbilang di atas rata-rata. “Estilo dengan power to weight ratio tak imbang bakal sulit untuk menikung,” wanti Koko, ayah Alvitto. Bukannya apa-apa, Estilo biru yang sudah all-out ini berdaya 325 dk on-wheel.

No caption
No credit
No caption

Namun, ini justru jadi tantangan buat Alvitto yang nyalinya memang besar untuk menggeber mobil di sirkuit. “Saya pakai ECU scrambler agar tenaga drop saat mobil belok,” bisik Vitto. Bisa dibayangkan sulitnya membawa Estilo seringan bulu ini.

Tak hanya mesin yang sudah full spek, bodi juga dibuat ringan dengan material eksotik seperti carbon fiber dan polycarbonate. Pintu -pintu juga sudah fiberglas total. Kalau mobil aslinya saja sudah ringan, bisa terbayang seperti apa rasanya membesut mesin B20B dengan turbocharger Garret GT25R 'hybrid'.

Koko sempat ketar-ketir melihat Alvitto mencoba mobil di sirkuit Sentul, Jawa Barat. Mobil yang bisa melesat bak anak panah ini,  tiba-tiba harus menikung di R1. “Perangkat rem juga harus di-upgrade,” jelas Koko.


Untungnya Edy, panggilan akrab Alfred, cukup tanggap untuk melengkapi mobil dengan sistem rem mumpuni. Segelondong rem Brembo copotan Mitsubishi Lancer Evo VIII lengkap dengan brake pad yang sanggup menahan panas hingga 650°C sudah terpasang rapi.

Lengkap dengan slang rem braided hose (anyaman serabut stainless steel), memastikan pengereman tak ada yang meleset. Toh, namanya juga arena balap, musibah tetap bisa terjadi karena human error. “Kalau mau nabrak sih, nabrak aja,” kelakar Vitto yang mengaku pernah menabrak tembok dengan Estilo ini.

Meski begitu, Estilo biru ini juga sudah membukukan catatan waktu terbaik dan beberapa kali meraih podium di tangan Alvitto. “Sudah mulai dapat celahnya untuk membawa mobil ini dengan baik dan benar, khususnya saat memainkan scrambler agar mobil enak diajak menikung,” terang Vitto lagi. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa