Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Chevrolet Spin, Siap Dijual Awal 2013

billy - Sabtu, 11 Agustus 2012 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tak lama lagi pasar mobil nasional akan diramaikan dengan kehadiran MPV terbaru produksi PT General Motors Indonesia (GMI). Mobil yang dapat menampung 7 penumpang ini dinamakan Chevrolet Spin. Inikah perwujudan dari proyek PM7 (people mover 7-seater) yang sudah dicetuskan beberapa tahun lalu? Produk global yang sudah diproduksi di Brasil ini kabarnya juga akan dibuat di Indonesia.

TENAGA 106 DK

MPV global terbaru dari GM, Chevrolet Spin memulai debut dunianya di Sao Paulo, Brasil. MPV ini dirancang dan dikembangkan GM Brasil melalui pengujian di empat benua, untuk dipasarkan di Amerika Selatan.

Spin menawarkan style lebih elegan, eksteriornya penuh gaya dibanding merek lain pada segmen yang sama. Menampilkan gril besar model split grille yang jadi ciri khas Chevrolet. Dipadu lampu depan model trapesium yang rapat. Kombinasi ini memperkuat penampilan yang unik serta daya tarik secara visual.

Tampilan kokoh tadi diperkuat dengan garis samping yang mengesankan dan belt line (garis samping bagian atas) yang tinggi. Garis desain kendaraan dirancang untuk memaksimalkan nilai aerodinamika. Sementara bagian belakang terlihat minimalis.

No caption
No credit
No caption

Foto resmi yang dirilis GM Brasil, pada bagian interior menerapkan konfigurasi kursi theater, penumpang di semua baris tempat duduk dapat pandangan ke depan yang jelas. Kursi baris kedua dapat dilipat terpisah. Kapasitas daya muat sampai 1.668 liter dengan posisi kursi belakang dan baris kedua dilipat.

Panel instrumen two-tone memberi kesan mewah, ditambah aksen silver dan krom pada hendel pintu, kemudi, tombol-tombol radio dan AC serta pada tuas transmisi, rem tangan dan ventilasi udara.

Lampu Blue Illumination seperti yang terdapat pada kendaraan Chevrolet lainnya, menghias panel indikator. Fitur lain, adanya port USB serta takometer analog dan spidometer digital. Segi keamanan, diberikan airbag ganda dan ABS.

Di Brasil, Spin dibekali mesin bensin 1.800 cc Econo Flex bertenaga 106 dk. Transmisinya ada manual 5-percepatan dan otomatis 6-speed. Tersedia tipe LT dan LTZ, perbedaannya pada jumlah tempat duduk dan fitur yang dimiliki.


Spin dibuat dengan platform Chevrolet Cobalt sedan. Dimensinya, jarak sumbu roda 2.620 mm, panjang 4.360 mm, lebar 1.763 dan tinggi 1.660 mm. Melihat spek ini, di pasar Indonesia Spin bisa jadi rival bagi Toyota Avanxa, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga bahkan Nissan Grand Livina.

"Rencananya GMI akan memproduksi Spin di kuartal pertama 2013. Saat ini kami sedang rektifikasi pabrik di Bekasi, mudah-mudahan akhir tahun ini selesai," ujar orang dalam GMI.

GMI menginvestasikan 150 juta dolar AS untuk membuka kembali pabrik seluas 11 hektare itu. Namun GMI masih belum menentukan, kira-kira model mana yang akan dipasarkan. Termasuk mesin yang dipakai. "Di Brasil lebih diutamakan karena untuk memenuhi pasar di negara-negara yang menggunakan setir kiri," lanjut sumber tadi.

Kita tunggu saja yang setir kanannya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa