Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Micra R, Bertenaga 256 dk!

billy - Minggu, 5 Februari 2012 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ingat Nissan Juke R yang mampu melesat 0-100 km/jam kurang dari 4 detik? Yup, konsep rancangan RML (Ray Mallock Limited) Inggris! Sebelum membuat Juke yang kencang itu, RML telah membuat Nissan Micra (K12) yang melesat bagai kilat. Seperti apa sih rancangannya?

Power to weight ratio tentu memegang peran penting untuk menciptakan mobil yang mampu berakselerasi cepat sekaligus punya top speed tinggi. Tentu penggunaan bahan ringan digabung tenaga mesin besar akan menghasilkan power to weight ratio terbaik.

Hatchback tiga pintu ini, lantas diganti mesinnya menggunakan mesin Nissan Primera (SR20DET) yang digunakan untuk BTCC, balap turing Inggris. Tentu mesin dengan tenaga 256 dk ini perlu traksi baik agar bisa berakselerasi mantap.



Makanya mesin pun diletakkan di belakang, sekaligus menjadi penggerak roda belakang. Lantas pemindah daya mesin menjadi percepatan menggunakan transmisi Hewland 6 percepatan. Sehingga tenaga dari mesin yang dikontrol dengan ECU Motec M4 itu pun bisa berlangsung lebih cepat. Apalagi perpindahannya menggunakan sequential shifter yang memudahkan penggunanya.

Urusan ke bawahnya pun menjadi berubah. Lingkar sepatbor diperbesar 10 centimeter sehingga lingkar roda lebih besar bisa masuk ke dalamnya. Sesuai dengan kaliper rem empat piston, plus cakram berdiameter 350 milimeter di depan dan 330 milimeter di belakang.

Lingkar sepatbor dan rem cakram besar tadi berpasangan dengan pelek berdiameter 19 inci dengan lebar 9 inci untuk depan dan belakang. Lantas karet bundar Toyo Proxes T1 dipercaya membawa Micra yang berakselerasi dari berhenti hingga 100 km/jam kurang dari 5 detik itu bisa melesat cepat. Mantap! (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa