Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Audio Nissan Murano Vokal Terarah Berkat Speaker Tengah

billy - Selasa, 13 Desember 2011 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Sistem audio standar Nissan Murano sejatinya diperuntukkan bagi penikmat in car entertainment (ICE). Bukan karena sudah dibekali head unit monitor pada panel tengahnya, melainkan dari penataan speaker yang sudah menganut sistem 5.1 khas settingan car cinema.

Hal ini menjadikan suara vokal terdengar lebih terarah, berkat penempatan speaker tengah pada dasbor standarnya. Saat dilakukan test review bersama Ahong dari Prisma Autosounds, sound imaging untuk vokal terimajinasi cukup baik.

Didukung pula dengan frekuensi respon yang dihasilkan tiap level suara. Dibuktikan lewat pengukuran dengan RTA (Real Time Spectrum Analyzer), yang menghasilkan frekuensi respon suara mid-high antara 4-10 kHz.

Menurut Ahong, untuk menciptakan suara vokal dengan tingkat kestabilan yang baik di tengah dasbor tidak lah mudah. "Memang bisa diakali dengan menggunakan prosesor, tapi tetap tak dapat membuat suara vokal terdengar detil dan stabil di tengah dasbor," kata instalatur berkantor di arteri Pondok Indah, Jaksel ini. 

Maka tak salah jika penambahan speaker tengah menjadi solusi paling tepat, untuk membuat suara vokal lebih terarah di tengah dasbor dan terimajinasi lebih detil. Sebab sound imaging yang tertata dengan baik, merupakan syarat mutlak untuk menciptakan ICE dengan sistem surround 5.1. 


 Center speaker berpenampang cukup lebar menghasilkan suara vokal lebih mantap di tengah dasbor(kiri atas). Speaker midbass Bose 6,5 inci tidak bikin over lapping frekuensi respon di level menengah (kanan atas). Nada low diladeni dua mini-subwoofer Bose ukuran 5 inci di bagasi(kiri bawah). Level bass di posisi -1 juga ditujukan buat memperjelas suara vokal(kanan bawah).
Sistem 5.1 yang berarti penempatan 5 speaker di sisi kanan-kiri bagian depan dan belakang, ditambah center speaker di tengah dasbor, digunakan agar dapat membuat suara terdengar jelas mengitari pendengarnya.

Pada settingan standar dengan level bass dan treble dibikin flat (nol/tengah), kualitas suara dari CD orisinal belum terimajinasi secara optimal. Pasalnya ketika bass dinolkan, efek dengung kerap menyertai suara bass gitar. Ditambah suara vokal dengan kualitas nada high yang terdengar kurang begitu jelas, ketika setelan treble dinolkan.

Mengatasinya Ahong pun melakukan tuning ulang pada bass, treble maupun level balance-nya. Menghasilkan settingan ideal yaitu bass diturunkan ke -1, untuk menghilangkan efek dengung pada kondisi flat (nol).

Level treble dinaikkan ke +1 untuk memperjelas suara vokal. Revisi ini juga dimaksudkan agar tidak terdapat gap terlalu jauh pada frekuensi highnya. Sebab jika mendengar kondisi sebelumnya saat treble masih di posisi flat (nol), vokal terdengar mirip suara orang yang sedang pilek. Jeda yang terjadi antara frekuensi 10 kHz dengan 12,5-15 kHz, juga semakin rapat karena sebelumnya terdapat gap sejauh 2 oktaf.

Sementara kekuatan suara antara speaker kanan-kiri dibikin lebih kuat di posisi kiri, dengan menurunkan level balance ke -1. Porsi sound di kabin depan dan belakang dibuat berimbang, dengan memposisikan fader di posisi center. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa