Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Freed PSD, Freedtro Classic

Billy - Selasa, 29 November 2011 | 08:07 WIB
Honda Freed PSD, Freedtro Classic
Honda Freed PSD, Freedtro Classic

Otomotifnet.com - Menyatukan selera tua dan muda sebenarnya tidaklah sulit, asalkan didukung kemasan yang mampu mengakomodir kebutuhan semua generasi.

Seperti dandanan bertema Freedtro Classic yang diterapkan pada Honda Freed milik PT Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek Honda di Tanah Air ini.

Menurut Wahyu Tanuwidjaja, modifikator pada mobil yang awalnya berkelir putih mutiara ini, pemilihan tema Freedtro Classic yang diusungnya mengandung makna bahwa, dandanan Freed ala retro klasik ini siap dijadikan gimik menarik di dunia modifikasi di kemudian hari.

"Kami sekadar memberi alternatif inspirasi bagi semua kalangan, baik anak muda maupun orang tua, yang ingin memodifikasi mobilnya"

 
"Sebab tren retro klasik kembali diminati penggemarnya beberapa tahun belakangan ini," buka Wahyu yang juga berprofesi sebagai car audio trainer dari Audioworkshop, Sunter, Jakut.
Honda Freed PSD, Freedtro Classic
Honda Freed PSD, Freedtro Classic
Adapun ubahan yang diterapkan oleh Wahyu, masih mengutamakan unsur daily use. Dengan tetap memertahankan kelaikan jalan kendaraan ini, tanpa melakukan ubahan ekstrem seperti pada sektor mesin maupun kaki-kaki.

Ubahan lebih mengarah pada unsur fashion, yang memadukan nuansa retro klasik dan modern. Unsur retro klasik disuguhkan bagi mereka yang sudah berumur, tapi ingin selalu bernostalgia dengan kenangan berkendara di masa mudanya dulu.

Seperti nuansa retro yang disajikan lewat balutan stiker warna biru-putih pada sekujur bodi. "Pemilihan warna ini mau diarahkan buat kalangan mature, yang umumnya sudah sangat familiar dengan warna favorit biru dan putih di era '60-an," jelas Wahyu.

Paling menarik jika melihat detil garapan pada interior Freed ini. Lantaran pada beberapa bagiannya memang mengandalkan kayu asli sebagai pengganti panel bawaannya.

Honda Freed PSD, Freedtro Classic
Honda Freed PSD, Freedtro Classic
Bisa terlihat pada panel kluster AC di dasbor tengah dan lingkar setir bagian atas, menggunakan kayu asli yang diimpor dari Rusia. Sementara lantai di kabin tengah, dilapis parquet floor (lantai dari potongan kayu) seperti yang banyak dipakai buat penutup lantai interior rumah.

Nuansa klasik disajikan lewat pewarnaan ulang dengan kelir cokelat berikut ornamen kayu asli. Seperti pada dasbor, panel trim, pilar A, lantai serta pembungkus jok standarnya.

Sedangkan warna asli keseluruhan, yang standarnya didominasi kelir hitam-kelabu, dilabur ulang dengan nuansa cokelat muda. Tampilan kabin juga terlihat lebih segar lantaran memadukan aksen two tone pada beberapa panel interior.

Salah satu yang menyumbang peran penting pada ubahan di sektor interior adalah kulit pembungkus jok di kabin depan dan tengah. Bangku standar dilapis ulang menggunakan bahan kulit sintetis warna cokelat muda, ditambah aksen minimalis berupa garis vertikal di bantalan serta sandarannya.

Honda Freed PSD, Freedtro Classic
Honda Freed PSD, Freedtro Classic
Pastinya unsur fashionable tetap dipertahankan pada modifikasi Freed 2011 ini. Aplikasi warna two tone yang belakangan kian ramai diterapkan pihak pabrikan mobil pada produk terbarunya, menjadi cerminan bahwa kesan modern tidak ditanggalkan.

Penambahan atribut modifikasi lainnya seperti sunroof Webasto tipe Hollandia 400, mampu mendongkrak penampilan interior dan eksterior secara signifikan. Hal ini seolah ingin menegaskan bahwa Freed juga bisa didandani layaknya besutan premium di kelasnya. 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa