Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Mercedes-Benz GL500, Kalau Tega Silakan Ajak Off-Road

billy - Kamis, 31 Maret 2011 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - SUV premium, tak kalah aksi, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang suka menjelajah, tapi tetap merasa nyaman. Dan bagi yang membutuhkan prestige Mercedes-Benz GL500 bisa jadi pilihan tepat.

Walaupun keberadaannya masih jarang, tapi tidak ada salahnya kalau Anda ingin tampil beda. Nah, makanya ada baiknya kita beberkan ulasan sensasi mengendarai SUV Jerman 7 penumpang ini. Yuk!


Desain

Tampangnya memang dari lahir sudah sangat jantan. Namun, Mercedes-Benz dengan apik menyematkan unsur elegan dan kemewahan pada GL500 ini. Gril baru yang lebih besar, menjadi terlihat lebih manis.

Nuansa klasik model GL juga tidak hilang, terlihat dari tampang belakangnya, yang berpadu harmonis dengan gaya moderen dengan penyematan diffuser dibagian bawah bumper.

No caption
No credit
No caption


Fitur dan Teknologi

sebagaimana peruntukkannya yang 'layak' off-road, Mercedes-Benz GL500 sudah dibekali fitur pendukung off-road. Seperti Fitur Hill Start Assist System (HSA).

Fitur ini memungkinkan mobil tidak mundur, pada saat berada ditanjakan curam. Kaki pengemudi pun tidak perlu cepat-cepat berpindah dari pedal rem ke pedal akselerasi.

Selain itu, ada juga Downhill Speed Regulation (DSR) yang bisa membuat mobil meluncur pada turunan tanpa harus menginjak pedal rem. Belum lagi suspensi airmatic-nya yang bisa membuat ground clearance-nya berubah dalam 3 posisi ketinggian.

No caption
No credit
No caption


Performa

GL500 dibekali mesin V8 5.5 liter dengan tenaga 388 HP pada 6.000 RPM. Hal tersebut bisa membuat GL500 dibesut 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,5 detik. Belum lagi torsi sebesar 530 Nm, terasa mudah saja membopong bodi dengan berat kosong 2.445 kg.

Ketika menginjak pedal gas, jangan kaget! Tapi nikmati saja sokongan torsi besar yang tentu mempengaruhi spontanitas akselarasi dari ML500 ini. Meski memang, tenaga sebesar itu tidak akan efektif di jalan raya Jakarta.

No caption
No credit
No caption


Handling dan Kenyamanan

Sesuai kodratnya sebagai SUV premium, karakter suspensinya terasa sangat lembut untuk sebuah SUV. Asyiknya, GL500 ini juga sudah dilengkapi dengan dua mode suspensi, yakni comfort dan sport.

Untuk mengaktifkan setingan suspensi yang berbeda tersebut, cukup dengan menekan tombol sport di konsol tengah, maka seketika juga handling-nya lebih mantap dan karakternya lebih fun to drive.



Harga dan Pesaing

PT Mercedes-Benz Indonesia membanderol GL500 seharga Rp 1,999 miliar (off the road). Rentang harga ini akan menempatkan GL500 untuk bersaing dengan Lexus LX 570, Audi Q7, BMW X5, dan juga Range Rover Sport.

(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa