Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alat Kebersihan Kabin Mobil, Jangan Sampai Turun Dari Kabin

Otomotifnet - Minggu, 9 Agustus 2015 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Menjaga kebersihan kabin menjadi hal yang sangat penting. Selain itu, dengan kondisi yang panas saat ini, penggunaan AC menjadi tak terelakkan. Nah, AC ini memanfaatkan udara kabin untuk membuatnya dingin atau sejuk.

Bisa dibayangkan jika kabin tak dijaga kebersihannya. Bagi yang sensitif terhadap debu atau kotoran akan mudah diserang penyakit. Untuk menjaganya, jelas harus disiapkan perangkat yang sebaiknya selalu ada di kabin. Sebenarnya, barang-barang tersebut sudah dikenal, tapi kerap disepelekan keberadaannya.

No caption
No credit
No caption

Siapkan lap kering di kabin untuk membersihkan cairan yang tumpah ke jok berbahan kain


Hal pertama yakni kain lap. Siapkan dua model, yakni kering dan lembab (bukan basah). "Lap kering dipakai untuk tumpahan cairan pada jenis kain. Cukup ditekan pada lokasi tumpahan untuk menyedot cairan," sebut Andito, teknisi bengkel Tidar Jaya di kawasan Pajajaran, Bandung.

Setelah itu lap lembab. Jangan pernah menurunkan benda ini dari kabin. Sebab begitu banyak manfaatnya untuk kebersihan kabin. Dengan menggunakan kain lap lembab ini juga bisa dipakai mengangkat kotoran dengan dimensi kecil. "Terkadang kotoran yang sulit dibersihkan. Pakai lap lembab ini dengan cara ditekan, maka kotoran akan menempel," tambahnya.

Meski cukup banyak manfaatnya, tapi usahakan jangan sampai untuk membersihkan yang mengandung minyak. Sebab, jika sudah terkena minyak, untuk sementara jangan dipakai. Setelah terkena paparan minyak, sebaiknya langsung dibersihkan menggunakan detergen.

Manfaatkan lap lembab untuk berbagai keperluan kebersihan di kabin


Untuk menghalau kotoran yang biasa menempel di karpet, bisa menggunakan sapu kecil. Kemampuannya lebih baik daripada sikat. Sebab sikat cenderung lebih kaku dan kurang bisa menghalau kotoran. Justru akan merusak bulu-bulu karpet.

Penggunaan sapu kecil ini juga menjangkau sudut-sudut kecil yang kurang tersedot oleh mesin sedot debu. Contohnya seperti titik pertemuan antara karpet dasar dengan penjepitnya. Lokasi penyimpanan sapu kecil juga tidak memakan tempat. Dimensinya yang pipih dan kecil bisa diselipkan pada kolong jok. Kabin terlihat tetap rapi dan bersih.

Demi menjaga kebersihan kabin, sebaiknya simpan juga tempat sampah di kabin. Selain menjaga kebersihan kabin, juga menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jika khawatir tempat sampah akan bau atau basah, bisa lapisi dengan kantong plastik terlebih dahulu. Sehingga, sebenarnya sampah akan terbuang ke kantong plastik, tanpa mengenai badan tempat sampah. • (otomotifnet.com)



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa