Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Head-up Display Universal, Bergaya Mobil Mewah

Otomotifnet - Senin, 10 Agustus 2015 | 17:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kendaraan mewah akhir-akhir ini banyak yang sudah mengadopsi HUD (Head-up Display). Awalnya teknologi HUD dikembangkan pada jet tempur. Sebenarnya HUD bukan barang baru di dunia otomotif. Pertama kali diperkenalkan tahun 1988 oleh General Motors. Bahkan pabrikan  Jepang seperti Nissan juga menggunakan fitur ini sejak tahun 1989 hingga 1994 pada Silvia 240SX.

Toyota tidak mau kalah pada 1991 meluncurkan Toyota Crown Majesta JDM (Japan Domestic Market).Pada kendaraan masa kini, pabrikan kian memperbanyak line-up yang menggunakan HUD contohnya BMW.Tapi jika tidak memiliki kendaraan mewah seperti BMW, tidak perlu sedih. Kini sudah tersedia HUD external buatan Taiwan dengan merek Tribest yang universal.

Bisa disemua kendaraan yang bersistem OBD-II."Tapi ada beberapa kendaraan yang sudah pasti tidak bisa. Contohnya Toyota Kijang Innova dan Fortuner. Sedangkan line up yang sudah pasti bisa antara lain Mazda, Honda, BMW, dan Mercedes-Benz," terang Wendy Muliawan, pemilik speed shop Pro-tech Racing  di Mega Glodok Kemayoran lantai 5 E5 No.6, Jakpus.

Untuk mendapatkan barang tersebut cukup siapkan Rp 950 ribu. "Pemasangan mudah bisa do it yourself dan hanya memakan waktu 10 hingga 15 menit," ujar pengguna Honda City Type Z ini. Uniknya ada switch On/Off jika sedang tidak ingin digunakan. Kabelnya juga tipis untuk memudahkan disembunyikan pada celah dasbor.

Silahkan simak prosedur pemasangannya oleh OTOMOTIF pada Mazda2 keluaran 2010.• (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Cari lokasi DLC (Data Link Connector) pada kendaraan. Biasanya terletak di bawah setir. Untuk Mazda2, letaknya tidak sulit di bawah setir bagian kanan.

No caption
No credit
No caption

Kabel juga harus dikoneksikan ke layar HUD. Kemudian tinggal switch tombol power ke posisi On.

No caption
No credit
No caption

Posisikan HUD pada area yang disukai. Normalnya, posisi HUD segaris lurus dengan kepala pengemudi agar lebih mudah terbaca.  Namun jika ingin diletakkan di pinggir dekat pilar A juga tidak haram.

No caption
No credit
No caption

Agar HUD tidak mudah bergeser sudah disiapkan non slip mat. Namun jika ingin lebih kencang bisa pakai double tape

Jika posisi sudah fix tidak akan diubah lagi, tinggal menempelkan kaca film agar pantulan display lebih sempurna. Saat menempelkan kaca film ini, sebaiknya menggunakan bantuan sedikit air sabun agar mudah diatur posisinya.



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa