Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengecekan Setelah Libur Lebaran (bag 1)

Otomotifnet - Minggu, 2 Agustus 2015 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Libur telah usai, capek setelah perjalanan jauh sudah berkurang. Jangan sampai terlewat mengecek kendaraan kesayangan juga dong. Apalagi sudah baca OTOMOTIF edisi lalu yang mengulas tips n trik sebelum jalan jauh kan. Nah biar kondisinya selalu terjaga, yuk sisihkan waktu sebentar untuk cek besutan.

Tenang saja, enggak perlu yang repot-repot atau butuh tenaga banyak kok. Cukup buka kap mesin, lihat eksterior dan interior. Fungsinya lebih untuk meyakinkan tidak ada masalah selama mobil dipakai jauh. Kan sebelumnya sudah melakukan pengecekan ala OTOMOTIF.

Kalaupun mesti ke bengkel, paling hanya untuk memeriksa setelan roda alias wheel alignment yang memang tak bisa dikerjakan sendiri. Soalnya kondisi jalan, terlebih yang menempuh jalan rusak, bukan tak mungkin setelan roda bakal berubah. Sekaligus nih, lihat saja apakah ban ada benjolan atau mungkin retak.

Nah, untuk yang masih libur karena ikut cuti bersama. Yuk ‘main-main’ sebentar di garasi. Tak sampai setengah hari loh. Jadi nanti mau masuk sekolah atau kembali bekerja. Mobil kesayangan ready to rock n roll... •  (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

EKSTERIOR


Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya mencuci kendaraan hingga benar-benar bersih. Sebaiknya menggunakan shampoo khusus kendaraan roda 4. Cuci juga bagian kolong, agar terhindar dari kotoran dan zat-zat yang dapat menyebabkan karat.

Sebab setelah kendaraan bersih, akan lebih mudah melihat titik-titik di mana ada baret-baret halus ataupun sisa tar yang menempel. Jika ingin menghilangkan tar atau titik-titik aspal yang menenpel pada bodi, bisa menggunakan clay. Barang ini bisa ditemui di toko-toko penjual kebutuhan otomotif. Harga bervariasi sekitar Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribu.

Jangan meng-clay sekaligus seluruh bodi. "Lakukan per panel, lalu setelah clay langsung di-wax. Jadi misalnya 1 panel atau setengah panel sudah di-clay, lalu langsung dipoles dengan wax, begitu seterusnya hingga seluruh bodi," ujar Billy Andreas, pemilik salon mobil Crystal Glaze di wilayah Serpong, Tangerang.

Seandainya terdapat baret-baret halus, juga bisa hilang dengan wax. Namun kalau agak dalam, susah mesti dicat ulang satu panel. Tapi tenang, ada trik khusus menyamarkan cat yang menghilang karena terkena kerikil. Bisa menggunakan cat touch up. Bentuknya seperti pewarna kuku. Tinggal pilih warna yang mirip dengan warna bodi bawaan. •


No caption
No credit
No caption

RODA


Setelah kembali dari perjalanan yang jauh, coba lakukan wheel alignment untuk menyelaraskan kembali roda. Hal ini sangat dianjurkan agar tapak ban habis merata. Namun perlu diperhatikan sebelum melakukan wheel alignment, kondisi kaki-kaki harus prima. Walaupun sudah dilakukan penggantian sebelum melakukan perjalanan liburan, tidak ada salahnya dilakukan pengecekan ulang.

Biaya wheel alignment bervariasi antara Rp 75 ribu hingga Rp 400 ribu. Waktu pengerjaan antara 45 menit hingga 2 jam. Apa bedanya memang yang murah dengan mahal? "Biasanya kalau sudah pasang tarif yang cukup mahal, mereka sanggup melakukan cabut setir ber-airbag jika memang diperlukan untuk membuat balance radius putar setir," terang Harno Syfa, Kepala Bengkel GBT Laras Imbang di bilangan Meruya, Jakbar.

Selain itu tergantung tingkat kesulitan dan variabel yang bisa di-adjust. Misalnya kendaraan seperti Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther yang masih bisa diatur toe, camber dan caster. Tentunya membuat jasa wheel alignment lebih mahal dibanding Honda Jazz yang cuma setel toe saja.

Jangan lupa, kalau merasa setir getar di kecepatan tertentu, sekalian saja minta untuk dilakukan balancing pada semua roda. •


INTERIOR


Pulang perjalanan jauh, apalagi yang membawa banyak penumpang. Enggak usah heran kalau lihat kondisi kabin begitu kotor. Contohnya saja bagian yang paling mudah kotor adalah sill plate yang akan terlihat saat membuka pintu. Biasanya karena terinjak sepatu atau sandal.

Sepatu akan membawa debu atau kotoran dari luar yang akan meninggalkan noda. Cara membersihkannya gampang saja, tinggal lap dengan chamois yang agak basah. Lalu bagian jok juga perlu dirawat. Kejadian yang sering adalah ketumpahan minuman atau makanan. Jika tidak dibersihkan segera, akan meninggalkan noda yang mengganggu.

Untuk menjaga hawa dalam interior tetap segar, sesekali perlu melakukan pengecekan pada filter AC. Bila sudah terlihat kotor, segera ganti dengan yang baru. Kisi-kisi AC juga perlu dibersihkan, bisa menggunakan kuas yang berukuran kecil untuk membersihkan debu yang menempel.

Karpet dasar perlu diperhatikan juga, untuk merawatnya bisa menggunakan vacum cleaner untuk menyedot debu yang menempel. •


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa