Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Lampu Sein Strobo, Sein jadi Genit

billy - Sabtu, 18 Mei 2013 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pernah lihat lampu F1 atau strobo kan? Gimana kedipan lampunya, ada yang cepat dan lambat kan? Peranti tersebut bisa berkedip sekitar 3 kali atau lebih dalam satu detik. Bahkan kerap dipakai buat lampu rem.

Fungsi dari kedipan lampu tersebut, guna memudahkan penglihatan untuk kendaraan lainnya saat hujan atau malam hari agar lebih berhati-hati. Tapi, kalau rem berkedip kan bahaya tuh. Malah bingung nanti pengendara belakang kalau lihat rem kedip-kedip. Tapi, gimana kalo lampu signal alias sein yang kedipannya seperti itu.

“Namanya, Strobo Signal Lamp (SSL) fungsinya masih sama sebagai lampu sein. Hanya beda kedipannya,” papar Wira Sentosa, owner SACS Asia Jaya daerah Pondok Gede, Jaktim. Selain itu, cepat atau lambatnya kedipan bisa diatur sesuai irama yang diinginkan.

Tapi, bohlam sein bawaan besutan sudah enggak dipakai dan harus pakai LED. Banderol yang ditawarkan masih terjangkau, loh! Harga LED plus modul Rp 450 ribu, kalo modul only cukup rogoh Rp 150 ribu.

Nih, langkah pemasangannya!. (mobil.otomotifnet.com)


1. Sebagai percobaannya dilakukan di Toyota Corolla Twincam. Profil dari rangkaian tersebut dibungkus kotak hitam berbahan plastik. Sedangkan wiring terdapat 3 kabel (merah, hitam dan kuning).

2. Cara pasangnya, cukup mudah. Yakni, memotong kabel lampu sein kiri dan kanan menggunakan gunting atau tang potong.

3. Pada kabel hitam dari modul disambungkan ke ground lampu sein.

4. Lalu, kabel kuning disatukan kabel dari arah lampu sein. Sedangkan yang merah diikatkan ke arah kabel bodi.

5. Baru deh, dites buat menyalakan sein kiri dan kanan. Kalo terlalu cepat atau lambat, maka bisa diatur kecepatan kedipannya pake obeng min kecil di modul tersebut. Monggo!

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa