Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setting Audio GPS, Mau Bersuara atau Bisu

Sabtu, 18 Oktober 2014 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Suara guidance dari navigasi terkadang mengganggu penumpang lainnya. Bisa disiasati
 dengan mengaktifkan mode mute pada menu GPS

Saat ini, head unit sudah bisa menjalankan peran multitasking. Artinya, dalam waktu yang bersamaan bisa mengoperasikan dua fitur sekaligus. Salah satunya head unit (HU) yang sudah dilengkapi dengan perangkat navigasi.

Navigasi yang bertugas memandu pengendara bisa diaktifkan berbarengan dengan memutar film dari DVD atau USB. Contoh mobil yang sudah dilengkapi head rest monitor.HU di depan, menampilkan peta perjalanan, tapi saat bersamaan, tampilan di head rest monitor berisi film kartun kesukaan sang anak.

No caption
No credit
No caption


Hanya saja, meski gambar dan tampilan sudah terpisah, sistem suara masih menyatu. Artinya, suara yang muncul dari navigasi, akan tetap terdengar oleh penumpang lainnya. Sehingga, kadang-kadang mengganggu keasyikan anak atau penumpang lainnya dalam menikmati sajian film. Apalagi jika volume suara GPS ini terlalu keras. Belok kanan, belok kiri, putar balik. Pasti mengganggu. 
No caption
No credit
No caption


Nah, suara dari GPS ini sebetulnya bisa di-adjust. “Artinya, volume bisa dibesarkan, dikecilkan atau justru dibuat bisu (mute). Caranya pun simpel,” tegas Lilik dari Surya Indah Motor, installer yang buka gerai di Auto Center, Tangerang. Kita coba pada HU monitor dari M-Tech tipe 7020CD yang sudah dilengkapi dengan GPS untuk New Toyota Kijang Innova.

Langkah pertama, masuklah ke tampilan navigasi dengan memencet tombol GPS (gbr.1). Setelah itu, GPS akan loading dan menampilkan peta jalan saat ini. Setelah itu, sentuhlah MENU yang terletak bagian bawah sisi kiri HU (gbr.2).

No caption
No credit
No caption


Anda akan dibawa ke tampilan yang berisi beberapa opsi menu. Pilihlah menu Pengaturan dan sentuh dengan jari (gbr.3). Tampilan monitor akan berubah dan berisi informasi GPS, Peta, Bahasa dan lain-lain. Pilih menu Suara yang ditandai dengan ikon bergambar speaker (gbr.4). Sentuhlah gambar speaker ini.
No caption
No credit
No caption


Tampilan monitor langsung berubah gambar speaker dengan tanda plus, minus dan centang di bawah. Pilihlah tanda minus untuk mengurangi volume suara. Untuk membesarkan volume, pilihlah tombol plus. Bila ingin menonaktifkan suara, pilihlah tanda gambar speaker yang dicoret. Bila sudah menentukan pilihan, jangan lupa untuk memencet gambar centang untuk kembali ke menu utama (gbr.5).


Cara setting suara GPS ini juga bisa diapliaksikan pada HU aftermarket yang dijual di Indonesia. “Khususnya head unit yang didatangkan dari Cina. Karena rata-rata mempunyai platform produksi yang sama. Hanya beda merek saja ketika dipasarkan di Indonesia,” tegas pria berambut ikal ini.

Kini, penumpang sudah tak terganggu suara belok kanan dan belok kiri.


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa