Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kampas Rem Teknologi Pesawat Siluman, Sarat Teknologi Tinggi

billy - Jumat, 6 Mei 2011 | 15:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Siapa tidak kenal pesawat Stealth yang dijuluki siluman? Pesawat tempur pengintai  ini dikagumi karena kehebatannya menyerang sasaran tanpa suara. Apalagi bentuknya yang khas, beda dengan pesawat tempur pada umumnya.

Kini, filosofi teknologi pesawat canggih ini sudah diterapkan di kampas rem mobil. Bendix sebagai salah satu produsen produk kampas rem berteknologi tinggi resmi menggelontorkan Bendix Stealth di Indonesia.

Paling kentara di wujud fisiknya. Tampak desain komponen penghenti putaran cakram roda ini terlihat berbeda ketimbang model biasa. Bentuk bantalan kampas rem menyerupai desain potongan berlian yang dibentuk menggunakan metode laser-cut berteknologi tinggi.

Keuntungan dari desain diamond-cut (Stealth Advanced Technology) ini yakni punya rongga ventilasi lebih banyak dibanding desain konvensional. Sehingga mampu membuang hawa panas lebih banyak dan lebih cepat akibat gesekan dengan piringan cakram. Jadi pemulihan kinerja untuk pengereman berikutnya akan optimal.

Selain faktor estetika desain, Bendix Stealth punya teknologi silent braking. "Karena mengadopsi teknologi pesawat siluman tadi (Stealth), dijamin enggak bakal bunyi (saat kampas terkena air dan kotoran) sewaktu direm," promosi Timmy, marketing manager PT Sumber Berkat Pratama (SBP), distributor resmi Bendix di Tanah Air.

No caption
No credit
No caption

 Titanium Stripes jadi ciri khas produk Bendix
Dengan standar kualitas global Bendix, kinerja pengereman dijamin dari model biasa. Untuk teknologinya sendiri, Bendix Stealth ini mempunyai bantalan kampas rem khusus, agar mampu menahan getaran lebih optimal akibat gesekan dengan cakram.

Keunggulan lainnya yaitu adanya lapisan peredam ke piston, jaminannya bisa tahan panas hingga suhu 400º celcius. Selebihnya yang menjadi ciri khas Bendix yakni lapisan Titanium Stripe di permukaannya.

Dimana kampas rem bisa langsung dipakai tanpa perlu penyesuaian lagi. Apalagi setiap produk Bendix sudah menerapkan Ceramic Technology yang tidak menghabiskan piringan cakram. Efeknya menginjak pedal rem menjadi lebih empuk dan daya cengkeram rem lebih mengigit.


 Lubang ventilasi Bendix Stealth (kiri) lebih besar dari model biasa (kanan)
Bahan material non abestos juga sudah menjadi standar seluruh produk Bendix. Sehingga aman dari polusi debu dan sisa ampas yang dihasilkan. Umur pakai sama dengan model biasa, bisa mencapai 35.000 km - 40.000 km untuk pemakaian normal, tergantung kondisi medan yang dilalui. Bisa diperoleh di toko spare-part langganan anda dengan harga terjangkau.

"Sudah tersedia di pasaran mulai Mei 2011," tambah Timmy. Jadi, pakai teknologi tinggi di mobil bukan mimpi lagi. Bendix Stealth mampu mewujudkan yang terbaik untuk mobil anda.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa