Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Memilih Pelek Citycar, Agar Kaki Cantik Dan Tetap Lincah

billy - Sabtu, 23 April 2011 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Mobil kecil seperti city car, merupakan pilihan yang paling praktis untuk warga kota besar saat ini karena efisien. Enggak cuma di konsumsi bahan bakar, area parkir tapi juga sampai pemilihan peleknya. Untuk tampil cantik, tidak perlu pelek berdiameter ekstrem yang bikin kantong jebol.

Lebar Dan Offset
Memilih ‘sepatu’ untuk mobil kecil itu gampang-gampang susah. Ukurannya harus tepat, agar terpasang sempurna. Tidak sekadar termuat dalam fender tapi juga harmonis.

“Pemasangannya sih sama saja, enggak susah, tapi offset-nya harus benar-benar pas. City car kelihatannya spakbornya gede, tapi rongga dalamnya tidak terlalu lebar,” kata Furanis, dari FRC Motorsport, Kedoya Jakbar.

“Kuncinya ada di offset dan lebar pelek. Makin kecil angkanya dan makin mendekati nol makin keluar peleknya,” lanjut Aldhy Siregar, spesialis pelek dan modifikasi dari Permaisuri Ban, Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Dengan offset yang tepat, tidak akan sulit memilih diameter pelek yang diinginkan untuk mobil-mobil mungil Anda. “Terakhir saya baru pasang pelek 18 inci untuk Nissan March, enggak masalah karena PCD dan offset-nya juga pas. Enggak ada masalah, pelek 4x100 dengan offset 45. Di Indonesia ada banyak kok, pelek asli maupun replikanya,” papar Aldhy.

Kalau angka offset terlalu kecil, pelek tetap bisa terpasang, tetapi tampilannya jadi kurang harmonis. “Jadi nongol, kayak pakai sepatu roda. Terakhir saya pasang ke Nissan March, pelek 15 inci lebar 6,5, offset 42, masih agak nongol sekitar 1 jari,” bilang Furanis yang biasa disapa Fufu.


Performa Dan Desain
Selain bisa tidaknya terpasang presisi dan harmonis, perhatikan juga pengaruh pelek pada performa dan kenyamanan saat memilih pelek untuk mobil kecil. Apalagi kalau peningkatan diameternya cukup besar.

“Untuk mobil kecil seperti March, performa akan turun. Pakai 17 inci masih nggak masalah. Tapi tarikan dan akselerasi jadi lebih berat kalau pakai pelek sampai 18 inci, karena berat,” kata Aldy.

Untuk yang menginginkan kepraktisan, kemudahan dalam pemasangan dan pemakaian sehari-hari, Fufu dan Aldhy menyarankan ukuran atau peningkatan diameter yang tidak terlalu ekstrem.

“Kalau hanya ganti pelek, masih pakai per dan kaki-kaki standar, pelek 16 inci lebar 6,5 masih masuk lah. Kalau 17 inci tapi kaki-kaki standar, enggak dipendekin, jadinya berkesan ketinggian, cingkrang,” ujar Fufu. “Karena di mobil kecil, pelek 18 inci udah termasuk ekstrem. 17 inci masih normal lah,” kata Aldhy.

Untuk desain, seperti mendandani perempuan berpostur mungil, enggak susah cari model yang pas untuk city car. Untuk kesan sporty dan lincah, model jari-jari, palang atau mesh bisa jadi pilihan. Hampir semua merek ada, dari Enkei, Volk Rays, Advan, baik asli maupun replika. Harganya juga enggak bikin kantong jebol. “Kalau plek replika, pelek 16 inci masih berkisar 3,5 juta,” kata Fufu. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa