Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Serbabisa!

Editor - Jumat, 29 Oktober 2010 | 09:13 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kemajuan teknologi tak terpisahkan seiring perkembangan zaman. Tak terkecuali MID (Multi Information Display) eksternal yang bertugas menunjukkan beragam parameter mesin. Intinya sih, tinggal pasang sebuah alat, segala macam indikator yang ada di mesin terpantau. Sekarang yang baru saja beredar ialah Itrax-MID, hasil karya anak bangsa sendiri. Coba intip fiturnya yuk..

Uniknya, tak sekadar membaca parameter mesin, Itrax-MID sanggup merekam data pemakaian mobil, termasuk jarak tempuh dan berapa lama mesin hidup alias engine hour running time (Gbr.1). Gunanya sih mungkin lebih banyak ke perusahaan yang ingin tahu kemana saja armadanya jalan. "Mulai dari mesin dihidupkan, sampai mesin dimatikan, jarak tempuh kendaraan sampai baca kode diagnosa kesalahan mesin karena Itrax terhubung melalui soket ECU di bawah dasbor," terang Irawan Nugroho, owner Sindoro Microsystems sebagai distributor merek Itrax.

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2

Gbr 3

Ulas saja fungsi sederhana Itrax sebagai MID. Pertama Itrax bisa membaca berapa putaran mesin dan kecepatan kendaraan berdasarkan data dari ECU. Tapi otomatis akan sedikit beda dengan pembacaan GPS ya. "Karena pembacaan kecepatan ECU berdasar putaran roda, yang suka berubah tergantung diameter roda," terang pria murah senyum ini. Sekaligus temperatur kabin, kapasitas aki dan pengisian alternator (Gbr.2).

Tak sekadar membaca, tapi sanggup juga bekerja sebagai limiter kecepatan ataupun putaran mesin. Yah sama seperti shiftlight gitu deh. "Caranya cukup masuk ke menu I/O kemudian masuk ke icon Tachometer dan setting putaran mesin maksimum yang diinginkan," ulas Irawan lagi. Itrax juga terhubung dengan sensor pintu apabila ada pintu yang belum rapat. Tak sekadar mengingatkan, tapi juga memberikan peringatan alarm lewat buzzer dan lampu indikator (Gbr.3).

Mulai temperatur air radiator, suhu udara di intake, MAP sensor terpantau lengkap. Hebatnya lagi tak hanya memantau, tapi juga bisa me-reset apabila terdapat error failure. "Selama hardware atau sumber error-nya sudah diganti, ketika menghilangkan error failure bisa dari Itrax," sambung pengguna Kijang Innova ini.

Harga yang ditawarkam yakni Rp 2,4 juta sudah termasuk pasang di Jakarta. Instalasi lengkapnya mari tunggu hasil tes OTOMOTIF di edisi selanjutnya.

Penulis/Foto: Rio / Rio

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa