Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingin Tampilan Interior Mobil Anda Tambah Gaya Dan Serasi?

Editor - Kamis, 21 Januari 2010 | 09:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Ingin tampilan interior mobil Anda tambah keren? Pakailah karpet mobil yang coraknya sesuai rona dalam kabin atau motifnya sesuai dengan kesukaan.

Bahannya ada yang dibuat dari karet, bahan kain (model beludru atau bulu-bulu) dan semikulit, atau dasarnya karet tetapi atasnya material lain dengan motif seperti pelat bordes.

Karpet karet kebanyakan bisa dibentuk sesuai kontur lantai mobil dengan menggunting pola pada jalur yang disediakan. Warnanya tak selalu hitam, ada putih  transparan, beige, smoke dan grey.

Memiliki corak permukaan beragam, celah-celah pada motifnya berfungsi menampung kotoran. Sehingga tanah, serpihan tanah atau pasir yang ikut terbawa sepatu atau sendal, tidak langsung bertebaran di lantai mobil.

Merawatnya, cukup dikibas-kibas, kotoran pun lenyap. Hanya butuh tenaga ekstra untuk membersihkan (digosok atau dicuci) jika ada sisa tanah yang masih menempel.

Harganya beragam, tergantung kemasan, sebab ada yang dijual 1 set 3 lembar, 4 lembar atau 5 lembar. Misal produk terbaru merek Packy Poda, banderolnya Rp 250-400 ribuan.

“Orang yang datang ke toko-toko aksesori kendaraan, banyak cari model yang bagian belakangnya menyambung. Tetapi yang ke pasar modern belinya yang terpisah,” kata Yulyana Halim, marketing manager PT Simindo Berkat Pratama, distributor Packy Poda.

No caption
No credit
No caption

Bahan beludru motif bordir untuk Honda Freed 1 set rp 800 Ribu

Motif karakter kartun sesuai kesukaan pemilik mobil, di banderol rp 375 ribu

Kalau bahan kain, selain meninggalkan bekas kotoran, juga menimbulkan bau apek kalau lama kena basah. Membersihkannya harus dicuci dan dijemur sampai kering atau divakum. Telat membersihkan, debu akan disedot sirkulasi sistem AC.

Kini ada juga model ‘dua alam’, telapaknya dari karet dan beludru. “Dipakai bolak-balik tergantung kondisi, hujan atau kering,” jelas Aluk, distributor yang juga menjual karpet jenis ini di Pasar Mobil Kemayoran Blok D-27, Jakarta.

Karpet dua alam dengan permukaan dari karet dan beludru, harga Rp 350 ribu. Sementara motif karakter kartun atau tim sepak bola, harga sekitar Rp 230-375 ribu.

Bahan kain kebanyakan bentuknya sudah disesuaikan spek lantai berbagai jenis kendaraan. Warna dan coraknya beragam, bisa disesuaikan dengan interior dan hobi. Harga ada yang mencapai Rp 800 ribu seperti untuk Honda Freed.

Penulis/Foto: Fend / NB, Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa