Mengenal Toyota Land Cruiser FJ40, ‘Si Raksasa’ yang Legendaris

Sabtu, 13 Oktober 2012 | 15:04 WIB


Dari beberapa jip legendaris yang ada di Indonesia, pastilah Anda pernah mendengar nama Toyota Land Cruiser FJ40. ‘Si raksasa’ ini sangat akrab disebut Toyota Hardtop.

Kendaraan yang biasa dikendarai, tidak hanya kalangan orang tua, tetapi juga anak muda ini merupakan buyutnya Toyota FJ Cruiser yang belum lama ini diperkenalkan oleh PT. Toyota Astra Motor pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) lalu memang masih melegenda dan semakin dicari saat ini.

Dengan kapasitas mesin 4.230 cc dan berkonfigurasi 6 silinder ini masih mengandalkan karburator untuk mesin bensinnya. Sekadar catatan, kalau Hardtop memang diperuntukkan menjelajah medan berat yang memerlukan fitur double gardan. Namun sayangnya, Hardtop yang masuk ke Indonesia masih mengandalkan rem teromol, sehingga banyak pemilik Hardtop yang menggantinya dengan rem cakram eks Hardtop yang beredar di luar Indonesia atau eks Hardtop diesel tahun 1985-1986 yang terakhir dijual di Indonesia.

Soal harga, Hardtop ini memang sangat ‘gelap’ banderolnya. Untuk gambaran saja, tahun 1980 dalam kondisi bahan, ada yang menjual Rp 40 jutaan. Namun ada juga yang menjualnya di atas harga itu. Tak heran jika sudah dibangun total versi orisinal, harganya bisa mencapai ratusan juta saat ini.

Anda tertarik? (mobil.otomotifnet.com)
Editor : billy

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA