Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Head unit Single DIN Rp 2,5 Jutaan, Sound Quality Bagi First Entry Buyer

billy - Jumat, 13 April 2012 | 07:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Kenwood KDC-7016 MP
Head unit sebagai driver utama penyuplai reproduksi suara dari keping CD maupun player eksternal tambahan, dianggap sangat penting oleh pemilik mobil saat ini. Selain bisa dijadikan teman selama perjalanan, lantunan musik dengan settingan berkualitas juga dapat menghilangkan kepenatan.

Terutama bagi mereka yang menyukai jenis musik berirama lembut, easy listening, jazz, R & B maupun penggemar tata suara panggung. Pastinya mereka menuntut jenis head unit yang mampu menghasilkan reproduksi sound lebih optimal ketimbang driver bawaan mobil.

Memang di pasaran, banderol yang ditawarkan untuk head unit single DIN berspesifikasi SQ (Sound Quality), terbilang lebih mahal ketimbang produk sejenis yang belum dibekali kelengkapan fitur kontrol audio ini.

Untuk kategori head unit single DIN bagi kalangan first entry buyer, rentang harganya saat ini berkisar Rp 2,5-3 juta. Pilihannya juga terbatas. Seperti Kenwood KDC-7016 MP (Rp 2,5 juta), Kenwood KDC-X8016BT (Rp 2,75 juta), Pioneer DEH-9350SD (Rp 2,5 juta) dan Sony X-pLod CDX-GT 710 UV (Rp 2,5 juta).  

No caption
No credit
No caption

 
Fitur time alignment atau time correction terdeteksi dengan menu seperti ini, Sony X-pLod CDX-GT 710 UV
Parameter yang dapat dipakai untuk mengenal head unit yang termasuk kategori komponen pendukung SQ, bisa dicermati melalui fitur audio yang tersedia. Paling utama seperti equalizer, crossover serta time correction (time alignment).

"Kalau semua fitur kontrol audio tadi sudah tersedia, artinya head unit sudah masuk kategori standar SQ," tegas Eddie Soesanto, instalatur Cartens Autosound di sentra onderdil Duta Mas Fatmawati, Jaksel.

Kelebihan head unit dengan spesifikasi SQ, sudah dibekali kemampuan tenaga lebih tinggi. Pasalnya, power suplai yang dihasilkan head unit bawaan mobil, hanya berkisar 25-30 Watt (RMS). Sementara versi aftermarket, umumnya didukung power hingga 50 Watt (RMS). Khusus untuk varian Sony X-pLod, dibekali daya sebesar 52 Watt (RMS).

Bagi yang belum begitu paham seputar fitur kontrol audio standar SQ, dapat mengenal beberapa menu berikut ini, yang menandakan kalau head unit sudah dilengkapi settingan buat SQ.

Untuk setting crossover, lebih dikenal dengan opsi HPF (High Pass Frequency) serta LPF (Low Pass Frequency). Menu seting audio ini buat membagi frekuensi di setiap speaker, sehingga diperoleh komposisi yang lebih ideal. Tersedia pilihan pengaturan untuk HPF maupun LPF, 50-60-80-100-120 Hz. Adapula yang menambahkan dengan fitur HPF/LPF slope, untuk mengatur perpotongan frekuensi supaya lebih presisi.

Menu utama yang dijadikan parameter penting pada head unit kategori SQ, adalah fitur time alignment atau juga diistilahkan time correction. Anda dapat mencermatinya lewat menu settingan 'Position'.


Sudah dibekali panel model flip down-detachable (dapat dilepas), Pioneer DEH-9350SD
Fitur ini buat mengatur suara di depan samping kanan-kiri (Front L/R), suara di depan secara keseluruhan serta suara di dalam kabin mulai depan hingga belakang. Sebenarnya setelan ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang sering mengemudi sendirian, lantaran sound dapat dibikin tepat di tengah dasbor, dengan posisi di jok pengemudi

"Umumnya kualitas sound yang dihasilkan head unit spek SQ, suaranya punya karakter lebih powerful. Otomatis membuat bass, treble maupun suara vokal lebih jelas ketimbang suara dari head unit yang belum dilengkapi fitur standar SQ tadi," tambah Andre, instalatur Indra Car Audio di Purwokerto, Jateng. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa