Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Biarkan Pintu Tak Menutup Rapat

Minggu, 9 Agustus 2015 | 13:37 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Weekend menjadi waktu bersama keluarga. Bepergian bersama seluruh anggota keluarga, menjadi hal yang didambakan. Namun, jangan sampai acara weekend bersama keluarga menjadi hal yang menakutkan. Terutama bagi yang masih memiliki anak kecil.
   
Sampai saat ini, masih banyak ditemukan pintu mobil yang tidak menutup rapat saat kendaraan bergerak. Parahnya, kejadian ini juga kerap terlihat saat mobil melintas kencang.
   
Kondisi ini jelas sangat berbahaya. Karena pintu yang tidak menutup rapat bisa tiba-tiba terbuka. Sangat mengerikan mengingat kanak-kanak terkadang bersandar di pintu mobil.
   
Untuk mendeteksi hal ini sebenarnya sangat mudah. Coba saja pertajam lagi pendengaran. Dengan pintu yang tak menutup rapat, maka suara-suara luar akan sangat mudah masuk. Kabin menjadi bising dibanding saat pintu menutup rapat dan asap luar mudah masuk.
   
Hal berikutnya, “Akan terdengar suara-suara ketukan aneh, terutama saat melintas di jalan gelombang. Pintu juga sebenarnya menjadi lebih mudah bergerak,” sebut Andi Rahman, pengguna Toyota Avanza keluaran 2013.
   
Selanjutnya dengan memanfaatkan lampu kabin. Untuk dijadikan alat deteksi kerapatan pintu, posisikan di tulisan ‘door’. Dengan demikian jika ada pintu yang tidak rapat, lampu kabin akan menyala. Sayangnya, hal mudah ini jarang dilakukan. Padahal sangat besar kegunaannya. 
   
Pada beberapa mobil, deteksi pintu tidak rapat memang terpampang di instrument cluster. Biasanya, pengendara akan langsung bersandar di jok sesaat setelah menghidupkan mesin. Posisi ini biasanya tak bisa melihat indicator kerapatan pintu karena terhalang lingkar kemudi. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa