Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ekspor CBU Toyota Meningkat 36 Persen

Sabtu, 8 Agustus 2015 | 08:10 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Melalui rilis yang diterima redaksi OTOMOTIFNET.COM, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatat ekspor mobil Completely Built Up (CBU) pertumbuhannya cukup positif. Terhitung hingga bulan Juni 2015, angka ekspor mobil CBU TMMIN mencapai 16.800 unit. Dengan demikian total ekspor sepanjang semester I 2015 sudah mencapai sekitar 92.200 unit atau lebih besar 36% dibandingkan periode yang sama pada 2014 sebesar 75.346 unit.

Berdasarkan data Gaikindo, pencapaian ini telah menempatkan Toyota Indonesia sebagai eksportir dengan kontribusi 85,8% terhadap total ekspor CBU secara nasional. “Apa yang dicapai TMMIN dan pelaku industri otomotif lainnya ini tentunya tidak terlepas dari dampak positif sejumlah kebijakan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir ini,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Warih berharap, kedepan iklim usaha bagi perkembangan industri otomotif akan lebih kondusif sehingga perannya dalam perekonomian nasional bisa terus meningkat. “Tidak hanya Toyota, prinsipal otomotif lainnya telah menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, sehingga potensi industri ini semakin besar,” katanya.

Selama semester I 2015, kontribusi ekspor TMMIN tertinggi dicapai oleh Toyota Vios sebesar 388,5% dari sekitar 4.900 unit pada semester I 2014 menjadi lebih dari 23.800 unit pada semester I 2015 ini. Toyota Vios diproduksi di pabrik Karawang, Indonesia sejak 2013 lalu dan mulai ekspor secara utuh pada Maret 2014.

Peningkatan juga datang dari ekspor Toyota Fortuner dan Kijang Innova. Ekspor Toyota Fortuner tercatat naik 4,9% dari sekitar 24.200 unit pada semester I 2014 menjadi sekitar 25.400 unit pada semester I 2015, sedangkan ekspor Kijang Innova naik 7,1% dari 7.600 unit menjadi 8.200 unit.

“Meski kontribusi ekspor terbesar berasal dari Toyota Fortuner, namun peningkatan tertinggi berasal dari Toyota Vios. Terutama setelah volume/angka ekspor Vios meningkat menjadi sekitar 3.500 unit per bulan pada Agustus 2014,” ujar Warih.

Sementara itu untuk kendaraan dalam bentuk terurai atau Completely Knock Down (CKD), ekspor sepanjang semester I lalu relatif stabil dengan angka 21.100 unit. Sedangkan untuk engine adalah sebanyak 21.731 unit pada semester I 2015, dan ekspor engine berbahan bakar etanol adalah sebanyak lebih dari 4.900 unit. Mesin berbahan bakar etanol ini sudah sejak 2010 diproduksi oleh TMMIN dan diekspor ke Argentina.

Kinerja ekspor secara keseluruhan tersebut memberi peluang kepada TMMIN untuk mempertahankan tingkat produksinya sepanjang semester I ini. “Peningkatan ekspor ini dapat menjadikan industri otomotif menjadi salah satu pemain penting penunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan semangat Toyota Berbagi (Bersama Membangun Indonesia) melalui penyediaan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menjadi bagian dari perkembangan industry otomotif nasional, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” papar I Made Dana Tangkas, Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa