Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Day 1: EkspeDiesel Jalur Daendels, Semua Dimulai Dari Anyer

Jumat, 7 Agustus 2015 | 11:51 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Anyer - EkspeDiesel Jalur Daendels tim OTOMOTIF, dimulai dari titik 0 yang berada di kawasan pantai Anyer, Banten. Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Grand New Toyota Kijang Innova yang dipakai dalam pejalanan panjang kali ini, menggunakan transmisi otomatis.

"Rencana perjalanan akan memakan waktu 3 hari, start di titik 0 sampai Panarukan, Jawa Timur. Tujuan Ekspediesel Jalur Daendels, untuk menguji performa pelumas diesel Pertamina Fastron Diesel 15W/40," kata Fransiscus Rosano, person in charge perjalanan ini.
No caption
No credit
No caption

Dari titik start tersebut Ekspdiesel Jalur Daendels, menuju ke Bogor, Cianjur. Setelah istirahat dan sholat Jumat, perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Bandung, Sumedang via Cadas Pangeran dan berakhir di Cirebon. Beberapa tempat bersejarah yang berkaitan dengan pembuatan Jalur Daendels akan jadi tujuan setiap kota yang disinggahi.

Sebelum berangkat, baik Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Kijang Innova disi dengan bahan bakar Pertamina Dex dan tentunya pelumas Fastron Diesel dengan spesifikasi SAE 15W-40, API CI-4, yang merupakan tertinggi di Indonesia saat ini.

Oli ini sangat cocok untuk mesin diesel modern yang membutuhkan pelumasan maksimal. Dimaksud mesin diesel modern ini yakni yang sudah mengadopsi sistem common-rail injection, terdapat exhaust gas recirculation (EGR) atau juga ditambahkan turbocharger.

Fastron Diesel ini memiliki tugas cukup berat. Salah satunya sebagai komponen penetralisir asam hasil pembakaran yang dinotasikan dengan angkat total base number (TBN). Untuk mesin diesel memiliki angka TBN 12,07. Asam ini bersifat korosif, sebab itu oli harus diganti.

Selain itu, fungsi oli juga harus bisa mereduksi getaran serta mengurangi suara mesin. Dengan oli yang bagus bisa mengurangi kedua hal tersebut, walau tidak bisa hilang sepenuhnya. Terutama di mesin diesel yang terkenal memiliki getaran dan suara kencang.

Pelumas khusus diesel milik Pertamina tersebut dijual dalam 2 kemasan. Untuk yang botol 1 liter, harganya Rp 66 ribu. Sedangkan yang kemasan 4 liter, Rp. 245 ribu. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa