Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tekanan Angin Ban Mobil, Simpel Sih, Tapi..

Otomotifnet - Jumat, 7 Agustus 2015 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Tire Preasure atau tekanan angin pada ban kendaraan Anda merupakan hal yang sangat penting bukan mengenai kualitas ban saja, tetapi tekanan yang tidak sesuai maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam berkendara serta mengurangi rasa nyaman bagi pengemudi.

Ivan Gerry selaku Service Advisor, Suzuki Kebon Jeruk, Jakbar menegaskan hal ini. Ditemui awal bahwa mengabaikan tekanan angin pada ban akan mempercepat kerusakan pada ban. Lebih fatal lagi, tidak tepatnya tekanan angin pada ban dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara.

“Maka dari itu kenali kondisi tekanan angin sesuai spesifikasi ban yang digunakan tentu beda ukuran beda juga tekanan,” sebut Ivan. Ivan juga menambahkan bahwa setiap melakukan servis rata-rata bengkel akan mencoba melihat standar tekanan pada mobil konsumen jikapun ada beberapa yang keluar dari standar karena variasi akan diimbau mengenai tekanan ban agar tidak berlebih dan kurang karena bisa bahaya.

Kalau sampai pabrikan menempelkan stiker peringatan ini berarti soal tekanan ban sangatlah penting

Senada dengan Ivan, kepala bengkel Nissan Kelapa Gading, Jakut Rifatul Mubarok menegaskan kalau soal tekanan angin sangat berhubungan dengan keeamanan berkendara. “Karena jika tekanan kurang bisa terjadi kehausan pada ban dan merusak kualitas ban lebih cepat, tapak ban dan ring peleknya juga harus disesuaikan karena jika terlalu besar akan memboroskan bahan bakar,” ujar Rifatul.

Ia menyebutkan bahwa takaran ban dengan ukuran standar di angka 35 Psi. Jika dengan kondisi muatan belakang ban harus ditambah menjadi 40 Psi. Rifatul mengakui bahwa ada saja pemilik mobil yang memakai pelek serta ban yang berbeda dari aslinya.  Untuk itu disarankan tidak sembarangan memilih pelek aftermarket.

Nah untuk menjaga ban agar tidak mudah memuai Rifatul juga menyarankan untuk menggunakan Nitrogen karena ban akan lebih awet tekanan anginnya tidak gampang berkurang sehingga menambah (nilai) safety”. • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa