Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Oleh Toyota Indonesia

Sabtu, 1 Agustus 2015 | 17:55 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menggelar Toyota Eco Youth (TEY). Kompetisi dalam berinovasi menghadirkan berbagai temuan yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan science (1/8). TEY digelar sejak 2005 dengan tujuan menjadikan generasi muda Indonesia memiliki green mindset.

Tujuh tahun berlangsung sejak 2005-2012, TEY mengusung konsep implementasi 3R + 1R (reduce, reuse, recycle dan replace) dalam area sekolah. Maksudnya, untuk menimbulkan kontinuitas program serta memberikan efek domino peningkatan kesadaran dan kepedulian akan lingkungan hidup.

Terdapat 1709 proposal yang kemudian diseleksi dewan juri. Sebanyak 20 diantaranya berhak menjadi finalis. Terdiri dari 12 proyek science dan 8 proyek sosial. Para finalis diberi kesempatan mengikuti workshop dalam merealisasikan proposal mereka dengan mendapat bantuan dana dan bimbingan dari Toyota Indonesia.

Untuk kategori science, juara 1 SMAN 6 Denpasar dengan proyek 'Lembah Upacara Yadnya', juara 2 SMAN 1 Blora dengan proyek 'Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell sebagai Pembangkit Listrik Pada Perangkap Serangga', kemudian juara 3 SMAN 6 Banjarmasin dengan proyek 'Pembuatan Alat Sederhana Penetralisir Air Asam Rawa Gambut Menjadi Air Layak Konsumsi’.

Selanjutnya kategori sosial. SMAN 19 Bandung dengan proyek ‘Babarengan Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi' keluar sebagai juara 1. SMAN 5 Surabaya dengan proyek 'Cyber Nature' sebagai juara 2, serta SMAN 1 Ubud dengan proyek 'Bike & Walk, Solusi Pencegahan Alih Fungsi' sebagai juara 3.

Para pemenang di masing-masing kategori berhak hadiah sebesar Rp 70 juta untuk pemenang pertama, Rp 50 juta pemenang kedua, serta Rp 30 juta pemenang ketiga. Kemudian untuk pemenang best of the best yang diraih SMAN 19 Bandung akan mendapatkan hadiah tambahan berupa pelatihan tentang lingkungan di Jepang. Dengan demikian total hadiah yang diberikan pada TEY ke 9 ini mencapai Rp 600 juta.

Masahiro Nonami, selaku Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan keberhasilan TEY ke 9 tahun ini melebihi tahun lalu dengan jumlah proposal 3 kali lipat. "Harapan kami, program TEY ini juga dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan, untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan," papar Nonami San. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa