Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi Imobilizer, Kunci Mobil Bukan Sekadar Kunci Kontak

Otomotifnet - Selasa, 3 Februari 2015 | 12:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Teknologi imobilizer mencegah pencurian mobil


Jakarta - Ada-ada saja ulah pencuri mobil dalam menjalankan operasinya, hanya butuh waktu sekian menit, kunci mobil bisa dijebol dan dibawa kabur. Tetapi kini tidak perlu khawatir, teknologi kunci mobil semakin berkembang. Salah satunya adalah immobilizer, yang tujuannya untuk mencegah pencurian mobil. ”Hampir seluruh mobil modern sekarang sudah menggunakan immobilizer, salah satunya adalah Toyota Fortuner terbaru. Kemungkinan ke depannya semua mobil akan menggunakan immobilizer,” jelas Edwin Prihadi, Kepala Bengkel Tunas Toyota Jl. Batu Tulis Raya, Jakarta Pusat.

No caption
No credit
No caption

Audi menyediakan dua advance keys dan satu kunci cadangan untuk membuka pintu


Immobilizer merupakan program sistem keamanan yang ada pada kunci standar bawaan mobil. Dikeluarkan bersama produksi unit mobil dari pabrikan. Jadi setiap kunci dibekali perangkat elektronik yang mempunyai sinyal kode. “Jika kodenya cocok antara kunci immobilizer dan penerima sinyal di dalam kabin maka mobil akan hidup. Tetapi bila kodenya berbeda perangkat penangkap sinyal akan menolak serta ECU tidak akan bekerja,” tambah Edwin.

No caption
No credit
No caption

Teknologi semakin berkembang dan dapat terhindar dari pencurian


Selain itu, kunci ini tidak mudah dijebol karena masing-masing immobilizer mempunyai kode masing-masing dan yang menyimpan kode tersebut hanya pabrikan. Dengan kunci tersebut Anda akan lebih tenang meninggalkan mobil di parkiran, dan terhindar dari bahaya pencurian.

No caption
No credit
No caption

Membuka pintu hanya di usap bagian handel pintu



Dengan mendekatkan kaki di sensor, dengan sekejap bagasi terbuka


Beragam Fungsi

Untuk mobil premium seperti Audi, kunci bukan sekadar kunci kontak atau membuka pintu saja. Selain immobilizer ada beberapa fitur tambahan lain. “Audi memberikan istilah teknologi modern tersebut adalah Advance Keys. Perangkat tersebut mempunyai tiga fungsi yang berbeda dan dimiliki di Audi A6, A7, A8, Q3, dan Q7,” ungkap Krisna Aditia A,SP, Sales Trainer PT Garuda Mataram Motor, Audi Center MT. Haryono, Jakarta Selatan.

Fungsi pertama Easy Entry yaitu, untuk membuka mobil. Gambarannya, posisi kunci disimpan di kantong celana atau dipegang. Jika ingin membuka pintu usap bagian handel pintu tepatnya bagian sensor berbentuk kotak. Maka dengan sendirinya pintu akan terbuka sendiri.

Saat menutup pintu Anda tidak perlu mengeluarkan kunci yang di dalam saku celana, tinggal mengusap kembali pakai jari pada bagian handel. “Setiap Audi dibekali dua advance keys dan satu kunci cadangan untuk membuka pintu saja. Masing – masing kunci memilik kode sensor tersendiri yang tersimpan dalam advance keys dengan lisensi Audi Jerman ” tambah Krisna.

Kedua adalah Comfort yang berguna untuk setingan tempat duduk pengemudi. Ketika Anda masuk ke dalam kabin dan menghidupkan mobil maka secara otomatis posisi duduk akan menyesesuaikan setingan yang Anda inginkan.

Tetapi sebelumnya Anda sudah meseting tempat duduk sendiri dan menyimpan pada perangkat yang berada di door trim mobil. Kunci utama dan kunci kedua (cadangan) bisa diseting berbeda sesuai keinginan Anda.

Terakhir adalah Convenience yaitu untuk membuka bagasi dengan sensor yang berada di bawah bumper. “Misalkan sedang membawa barang bawaan yang cukup banyak, Anda tinggal mendekatkan kaki Anda pada sensor dengan sendirinya bagasi akan terbuka. Asalkan advance keys berada di saku celana,” tutup Krisna. • (otomotifnet.com)



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa