Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Uji Ketahanan Mesin GT125, Dihidupkan 30 Hari Non Stop

Dimas Pradopo - Jumat, 20 Juni 2014 | 10:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Ada banyak cara bagi suatu pabrikan untuk menampilkan ketangguhan produknya. Bisa test touring sejauh ribuan kilometer, atau ketahanan mesin menyala selama berhari-hari. Salah satunya dilakukan Yamaha dalam membuktikan ketangguhan skuter GT125.

Cara mengujinya dengan menghidupkan mesinnya selama 30 hari nonstop dan bisa disaksikan langsung di booth mereka di Jakarta Fair 2014.

”Uji ketahanan mesin GT125 30 hari nonstop dinyalakan ini merupakan pembuktian keunggulan teknologi DiAsil Cylinder & Forged Piston. Hanya Yamaha yang bisa memberikan keunggulan ini bagi konsumen dan mereka pun sudah merasakan sendiri manfaatnya bahwa kualitas Yamaha teruji,” ujar M.Abidin, GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia.

Metode pengetesan, mesin GT125 dihidupkan pada putaran 4.000 rpm (30 km/jam) selama 30 hari nonstop. Sebagai bukti bahwa motor dinyalakan selama 30 hari nonstop, dipasang cctv yang terus me-record aktifitas yang ada di booth ini dan bisa juga dikoneksikan ke big screen yang ada di booth Yamaha. Pembuktian ketahanan mesin ini dimulai pada pukul 12.00 tanggal 7 Juni sampai 6 Juli 2014.

Motor GT125 ditempatkan di dynotest sehingga roda belakang bisa berputar layaknya berkendara seperti biasa. GT125 ditahan dengan tali sehingga terdapat beban yang analoginya adalah beban si pengendara jika berkendara seperti biasa di jalanan.

Bukan hanya menguji ketahanan, keiritan GT125 pun terbukti lewat uji ketahanan ini yaitu 63 km/liter. Itu didapatkan dari hitungan dalam 24 jam (1 hari) dikali 30 km/jam (standar kecepatan berkendara sehari-hari) = 720 km/hari. Dengan uji ketahanan selama 30 hari dan kapasitas fuel tank GT125 3,8 liter dengan perkiraan reverse (sisa bahan bakar) 0,8 liter jadi sisanya sekitar 3 liter.

Dengan standar pengisian bensin 4 kali sehari artinya butuh 12 liter/hari (3 liter x 4). Jadi dalam satu hari dengan jarak tempuh 720 km dan bensin 12 liter/hari artinya GT125 sangat irit 60 km/liter. Bandingkan dengan hasil uji coba LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) Institut Teknologi Bandung 58 km/liter.

Dengan pembuktian ini, Yamaha menganalogikan di hari ke-30 GT125 sudah sampai Brasil nonton Piala Dunia 2014. Itu karena jarak tempuhnya (720 km x 30 hari) = 21.600 km. Bandingkan jarak Indonesia ke Brasil saja 18.000 km.  (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa