Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Power Yamaha R15 di India Lebih Besar Dari Versi Indonesia?

billy - Selasa, 13 Mei 2014 | 15:55 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Perdebatan besarnya power Yamaha YZF-R15 terjadi di dunia maya. Penyebabnya, klaim power Yamaha R15 di Indonesia tidak sebesar klaim power Yamaha R15 di India. Masa sih produk Indonesia spec down sehingga tenaganya tidak sebesar versi India?

Power Yamaha R15 di Tanah Air diklaim oleh PT Yamaha Indonesia Motor mencapai 12,2 kW atau 16.59 PS atau 16,42 dk di 8.500 rpm. Tapi angka ini lebih kecil dari versi India yang diklaim mencapai 17 PS pada 8.500 rpm.

"Wah, amit-amit deh mas. Kita enggak mungkin meluncurkan motor dengan spec down. Justru versi Indonesia quality control-nya di tingkatkan," buka Radityo A.D, Brand Manager Marketing Planning and Strategy PT YIMM sambil menunjukan detail beberapa komponen yang lebih rapi finishing-nya.

"Semuanya sama, sampai spesifikasi mesin, ECU dan komponen mesin lainnya sama saja. Bahkan buatan Indonesia juga akan diekspor ke Thailand dan beberapa negara di ASEAN tidak mungkin spec down," imbuhnya.

Hal yang sama juga dibantah oleh M Abidin GM Technical & Motorsport PT YIMM. Pria ramah ini menjelaskan bahwasanya pihak PT YIMM menggunakan data yang sesuai dengan homologasi yang berlaku di Indonesia.

"Data yang kami peroleh seperti itu. Tapi secara spesifikasi tidak ada yang berbeda antara India dan Indonesia," paparnya.

"Justru perbedaan, kemungkinan ada pada cara mengukurnya. Beda dynamometer saja bisa berbeda hasilnya. Kami juga tidak tahu, apakah di India berlaku pembulatan untuk angka-angka seperti itu. Misalnya 16,59 PS dibulatkan ke atas jadi 17 PS," jelasnya.

Pria yang sukses membawa Jupiter Z1 jadi juara Indoprix 2013 ini meyakinkan bahwa antara versi Indonesia dan India tetap tidak ada perbedaan spesifikasi. Jadi jangan ragu lagi ya! (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa