Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Supra 125 X dan Blade 125 FI, Nggak Sepenuhnya Sama Bro!

Dimas Pradopo - Selasa, 1 April 2014 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Meski mengusung mesin yang sama dengan kakaknya Supra 125 X, namun Honda menyatakan jika Blade 125 FI yang baru meluncur akhir pekan lalu tetap memiliki karakter berbeda.

“Tetap kami bedakan karakter keduanya. Blade 125 FI dirancang untuk mereka yang suka kecepatan. Sedangkan Supra 125 X lebih ke sisi elegan dan fungsional,” ujar GM Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM), Agustinus Indraputra pada Jumat (28/3).

Hal ini ditegaskan oleh pernyataan Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT AHM. “Dari sektor mesin, semuanya persis dengan Supra 125 X, mulai dari ukuran bore x stroke, rasio maupun kompresi. Nah yang membedakan ada di piranti Electronic Control Module (ECM)-nya.”

Menurut Endro, ECM pada Blade 125 FI memiliki setting berbeda di pengapian waktu langsam. “Kalau pengapian Supra 125 X disetting 12 derajat sebelum titik mati atas (TMA) waktu langsam. Sementara Blade 125 FI disetting 15 derajat sebelum TMA saat langsam. Hal ini membuat akselerasi Blade 125 FI lebih galak. Meski mesin keduanya sama.

Seperti diketahui Blade 125 FI mengusung mesin 4-tak bervolume bersih 124,89cc. Mesin yang mengusung sistem injeksi tersebut memiliki ukuran bore x stroke 52,4 x 57,9 mm dengan kompresi 9,3 : 1. Tenaganya mencapai 10,1 dk di 8.000 rpm dan torsi 9,3 Nm di 4.000 rpm.

Mesin anyar tersebut diklaim lebih irit 35,5 persen (metode ECE R40) ketimbang model lawasnya. Sebagai perbandingan, Blade 110cc lama hanya sanggup menempuh 45,6 km perliter bensin. Sementara Blade 125 FI menghasilkan perbandingan 61,8 km perliter bensin. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa