Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masalah Oli, 6.954 Unit CB500F, CB500X dan CBR500R Ditarik di Amrik

Dimas Pradopo - Selasa, 11 Maret 2014 | 12:40 WIB
No caption
No credit
No caption



Amerika – Badan lalu lintas Amerika Serikat (NHTSA) dan Honda mengumumkan untuk menarik kembali 6.954 unit motor 500 Series, baik CB500F, CB500X dan CBR500R model 2013 karena masalah kebocoran oli di mesin.

Lebih detail NHTSA menyatakan jika masalah terletak pada baut pada poros rocker arm yang dilapisi anti karat. Namun dalam kondisiter tentu baut ini justru dapat terlepas sedikit demi sedikit. Hal ini dapat membuat adanya kebocoran oli mesin.

Jika tidak ditangani lebih lanjut, baut akan terlepas dari silinder head. Oli akan terus mengalir dan tentu saja mengurangi tenaga motor dan sewaktu-waktu dapat membuat mesin terkunci. Inilah yang dikhawatirkan bakal menjadi sumber kecelakaan. Karena komponen yang diperbaiki tak dapat dideteksi dengan mata pengendara, maka Honda menyarankan untuk membawa motor tersebut ke bengkel untuk penggantian baut tersebut.

Pada kampanye ini, Honda akan mengganti poros rocker arm pada motor yang sudah terkena dampak kehabisan oli mesin tersebut. Sementara untuk yang belum mengalami kerusakan, Honda akan mengganti dua baut, dua washer dan satu 45mm O-ring. Sampai saat ini sudah ada 17 kasus yang melaporkan kebocoran oli pada 500 Series. Untungnya tak ada satupun insiden akibat kejadian tersebut.

Sebelumnya, kasus yang sama juga terjadi di Australia dan Jepang (klik di sini) . (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa