Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha R15, Si V-Ixion Berfairing Launching Semester Pertama 2014?

billy - Selasa, 24 Desember 2013 | 18:32 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya rencana meluncurkan 10 gacoan barunya, seperti pernah dibisikan pada artikel sebelumnya (klik di sini) . Dan menariknya, salah satu model barunya adalah YZF-R15 atau V-Ixion berfairing. Wah seru kan!

Nah, kami mendapatkan info terbaru. YZF-R15 versi Indonesia yang basisnya konon dari New V-Ixion Lightning ini ternyata akan menjadi menu motor baru di awal 2014. "Ya jika tidak ada halangan semester pertama tahun depan," bisik narasumber dari YIMM.

Wah enggak perlu menunggu lama lagi ya! Berarti, YZF-R15 akan menjadi salah satu dari motor lain yang meluncur di semester satu 2014, yaitu Soul GT 125 dan Fino injeksi.

Di India, YZF-R15 R15 sudah lebih dulu mengaspal dengan mesin serupa yang digunakan New V-Ixion Lightning. Unitnya pernah dijajal oleh tim redaksi (klik di sini) . Sama-sama 149,8 cc 4 klep SOHC berradiator dan rasio kompresi 10,4:1, tapi tenaga mencapai 16,83 dk/8.500 rpm dan torsi 15 Nm/7.500 rpm. Sedang New V-Ixion Lightning hanya 16,43 dk/8.500 rpm dan 14,5 Nm.

Selain power yang lebih besar karena ada perbedaan pada spesifikasi ECU, mesin R15 versi India ini juga sudah menggunakan transmisi 6 speed. Tambah satu bila dibandingkan dengan versi Indonesia yang hanya 5 speed.

Sedang untuk versi Indonesia, sudah pasti ada perubahan. Sepertinya, untuk pasar Tanah Air basis-nya akan tetap menggunakan rangka dan mesin dari New V-Ixion Lightning. Lalu, apakah swing arm-nya menggunakan tipe alumunium atau tetap model yang same seperti New V-Ixion Lightning belum ada kepastian.

Tapi info yang masuk ke meja redaksi, pada desain bodi dan detailnya ada beberapa bagian yang berubah dari versi India. Janjinya, yang versi Indonesia akan lebih disempurnakan. Terutama pada finishing yang pasti jauh lebih halus ketimbang versi India.

Lalu kakaknya, R25 kapan akan mengaspal di Indonesia? “Tunggu di semester 2,” beber Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community PT YIMM ketika dikonfirmasi pada kesempatan yang berbeda.

(motor.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa