Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda New Blade 110R, Proyek Injeksi HRC Seting Indonesia

billy - Rabu, 28 November 2012 | 16:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Honda New Blade 110R yang mengaspal di seri V, IndoPrix, sirkuit Binuang, beberapa minggu lalu (11/11), mengaplikasi sistem injeksi. Blade injeksi yang digas Denny Triyugo masuk ke posisi ke-3 race 1 untuk IP2. Injeksinya langsung dari Honda Racing Corporation (HRC), Jepang. Tapi, tetap saja tangan Indonesia yang bermain.

“Setingannya disesuaikan suhu Indonesia. Tapi, memang ada perbedaan yang khas dari HRC,” kata Ade Rahmat, spesialis injeksi untuk tim Astra Motor Racing Team (ART), Jakarta Timur.

Ade yang berambut klimis bilang posisi injektornya berbeda dengan yang pernah dia bikin di Honda Supra X125 PGM-FI. Dulu Supra X125 PGM-FI juga dinaikin Denny bikin heboh dengan merangsek ke podium pertama saat seri IV IndoPrix di Kenjeran beberapa bulan.

“Posisi injektornya berbeda. Injektornya Blade dekat dengan klep isap,” urai Ade yang bermarkas di Bambu Apus, Jakarta Timur.

Tuh dia perbedaannya. Posisi komponen penyemprot bahan bakar setelah throttle body, sedangkan injektor yang dirancang Ade untuk Supra X125 sebelum throttle body. Sederhananya posisi penyuntik bahan bakar Blade yang dirancang HRC langsung ke arah lubang isap.


“Keuntungannya di putaran bawah-menengah. Kalau injektornya sebelum body throttle akan lebih menguntungkan di rpm menengah-atas,” urai Ade.

Secara teknis, Ade lebih setuju posisi injektor dekat dengan klep isap. Sederhananya semprotan dengan jarak yang lebih pendek dari ruang bakar jauh lebih efektif. Bensin yang muncrat pun tekanan dan debitnya akan lebih besar.

“Yang paling sempurna menggunakan dobel injektor. Disebut injektor primer dan injektor sekunder. Dulu pernah saya coba, tapi ECU-nya mahal banget,” kata Ade.

Wah, injektor ganda kata Ade. Jangan kaget sih. Kalau di motor SE alias Special Engine sudah ada yang menerapkan itu. Kawasaki KX250F keluaran 2013 sudah menerapkan injektor ganda. Satu injektor berada sebelum throttle body, sedangkan satunya lagi mendekati klep isap. Dulu di Honda RCV 211V waktu digeber Valentino Rossi juga menggunakan injektor dobel.

Karena proyek HRC, komponen pendukung injeksi untuk Blade ART enggak disebutkan. “Debit bahan bakar yang disemprotkan injektor belum bisa diinfokan. Ini hasil customise dari HRC. Di pasaran enggak ada yang jual,” tutup Rizky Christianto, Technical Specialist Motorsport Division PT Astra Honda Motor (AHM), Jakarta. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC Razzo 90/80-17
Ban belakang : IRC Razzo 90/80-17
Knalpot  : ART
ECU: HRC
Sokbreker belakang : Ohlins

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa