Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Supra X 125, Sesuai Karakter Pembalap

billy - Jumat, 16 November 2012 | 13:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tim Honda MPM NHK Corsa Zuma memang fokus pada pembibitan pembalap muda. Tahun lalu Adi Nugroho sang pemilik tim sukses mengorbitkan Gerry Laurent. Saat ini tim balap Honda asal Surabaya itu diperkuat oleh B. Samhan asal Sampang, Madura. Selain talenta pembalap usia 15 tahun ini memang mumpuni, seting motor juga mendukung. 

Makanya saat berlaga pada Honda Racing Championship 2012 putaran ke 5 di Malang, besutan B. Samhan yang turun di kelas MP5 tidak terbendung. “Karakter motor pas dengan gaya saya, tenaga bawahnya terasa,” jelas pembalap muda yang saat ini mencatat poin tertinggi di gelaran seri HRC 2012.

Memang  regulasi kelas pembibitan ini tidak memperbolehkan banyak ubahan. Justru ini yang bikin Agus Suprianto sang mekanik yang asal Jogja itu harus lihai cari celah. "Ini yang harus bikin mekanik putar otak karena mesin enggak bisa diubah pol-polan," ujar mekanik ramah itu.

Sesaui karakter Samhan yang suka buka-tutup gas, kompresi bermain pada 13,8 : 1. Didapat dari ubahan seputar kepala silinder yang dipapas 0,5 mm yang tetap mengandalkan paking standar. Untuk piston tetap mengandalkan asli bawaan motor dengan diameter 52,4 mm. "Pernah coba ganti piston racing tapi enggak berhasil,” jelas Agus sapaan akrabnya.


Enggak cuma itu supaya lebih cepat naiknya rpm, durasi kem juga berubah dari standarnya. Menjadi 275 derajat dengan mengandalkan bahan kem mentah dari Thailand yang materialnya lebih kuat. Lift atau tinggi angkatan klep dibuat 9,7 mm untuk klep in dan klep out jadi 9,2 mm. "Fokus pada putaran bawah motor, tapi putaran atas juga masih dapat,” lanjut Agus lagi.

Suplai bahan bakar juga jadi kunci, sesuai regulasi kelas MP5 harus aplikasi kaburator standar. Tapi, biar aliran lebih deras, ukuran karbu standar yang semula 16 mm direamer jadi 19 mm. Untuk turun di OMR Honda Malang beberapa waktu lalu, seting spuyer mengandalkan pilot-jet 52 dan main jet 100 dengan bahan bakar bensol. Saat test dyno, besutan Samhan bisa tembus sampai 17,8 dk.

Sementara bayak tim yang mengandalkan knalpot impor berbahan stainless steel Agus justru mengandalkan produk lokal. Malah besutan Samhan ini juga sekaligus media buat riset knalpot lokal yang dipakainya. "Modelnya seperti AHM tetapi ukuran pipanya berbeda, menyesuaikan seting mesin," tutupnya. (motorplus-online.com)
 
DATA MODIFIKASI
Ban belakang: Corsa  90/80-17
Ban depan: Corsa 90/80-17
Cakram depan: TDR
Pelek: Aluminium
Handel rem: Standar
  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa